Monday, September 28, 2015

Mau endorse artis ato selebgram ? baca ini dulu.

gusti nurul rahmaina
Endorse dong sis, via :
                      https://www.igsta.com/hashtag/p/997590668784893830/?resellervscocamfullpack


Kamu lagi belajar jualan online ?
Udah bikin akun jualan ?
Mau nambah follower?
Pengen bikin orang orang notice kalo toko kamu ada?
Promosi apa aja yang pernah kamu lakukan?
Udah pernah  nyoba endorse ?
Seiring perkembangan tekonologi di Indonesia, makin banyak orang orang yang punya sosmed, makin banyak juga yang memanfaatkan kemajuan tekonologi dan hobi orang indo yang doyan sosmed, dengan jualan online. Secara gitu lho, jualan online gak pake buka toko fisik. Tinggal bikin sosmed, ato numpang di marketplace, pakai gadget, isi pulsa, promosi, dsb, dll, jadi deh. Mau  bukti kalo e commerce di Indonesia makin bertumbuh? Noh liat aja instagram, kamu cari pake hashtag apapun ada aja akun jualan . tuh liat IGnya artis2, dari 1000 yang komen hamper separo isinya “cek IG aku ya sis”. “anda sulit hamil?”, “mau kulitmu kinclong kayak bla bla bla?”. Orang kita emang kreatif, sosmed yang awalnya buat chatting dan sharing bisa aja dibikin buat nyari duit. Tambah lagi karakter kita yang doyan belanja, hobi sosmed plus hobi belanja, klop deh iklimnya buat jualan online.
Kalo kamu termasuk yang memanfaatkan sosmed buat jualan, sah sah aja, asal jangan nyepam dikomen ato nyepam hashtag yang gak nyambung. It’s very annoying. Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan buat menarik calon pembeli. Salah satu metode yang terbukti manjur ya endorse. Pasti udah tau lah ya endorse apaan. Kamu ngasih barang jualan kamu ke si endorser, trus dia foto tuh barang dan diupload di instagram sambil mention akun jualan kamu. Kalo ada yang tertarik, si follower endorser itu bisa aja ngelirik akun kamu. Nah, di point ini kamu udah berhasil bikin orang orang notice tentang keberadaan toko kamu. Tinggal kamu aja yang pinter pinter meyakinkan calon pembeli buat beli ditoko kamu.
Masalah endorse emang susah susah gampang. Kamu perlu pinter nyari siapa aja endorser  yang sesuai dengan target market kamu. Trus cari tau juga tingkat likeability nya gimana, gak lucu kan kalo kamu ngendorse artis yang banyak hatersnya, ujung ujungnya akun kamu jadi arena pertempuran.  Kalo kamu punya modal gede, silahkan endorse artis yang jelas tentu pake tarif buat promoin barang kamu. Apalagi kalo artis yang sering nongol ditipi, siapin aja dana jutaan buat fee. Tapi tingkat kesuksesan promonya juga gak main main. Trafiknya bisa melonjak drastis, followers  naik gila gilaan, repeat order berkali kali, intinya worth your money lah. Nah gimana kalo kamu masih pemain baru ? boro boro ada dana buat endorse, buat modal aja ngos ngosan. Jangan takut, kamu masih bisa ngelirik para selebgram. Apa itu selebgram ? itu loh orang orang yang eksis di instagram dan followernya kadang bisa ngalahin artis. Mereka biasanya eksis either karena good looking ato fotonya bagus bagus. Kalo kamu punya dana minim, opsi buat ngendorse selebgram bisa kamu ambil. Tapi oh tapi, seiring dengan perkembangan endorse yang profitable, akhirnya banyak selebgram yang ngenain tarif buat fee endorse. Walaupun tarifnya berkisar dipuluhan sampai ratusan ribu doang.



Endorser langganan para online shop.
via :http://www2.jawapos.com/baca/artikel/9739/Hi-Dear-Mau-Endorse-Produk-Kami

Ngendorse selebgram bisa jadi alternatif yang lebih mudah dibanding endorse artis. Bukan Cuma masalah dana, tapi juga dari segi birokrasi ( cieeh) lumayan ribet. Kadang kamu harus rela berada di waiting list, nunggu barang kamu dipos diakun instagram mereka  yang kadang berminggu minggu bahkan berbulan bulan  baru diposting. Sementara  selebgram, apalagi yang followersnya masih kisaran 5 ribuan biasanya lebih mudah buat diapproach. Mereka udah nyantumin alamat email ato line sehingga kamu bisa langsung prospek buat endorsement deals. Selain itu hasil foto yang diendorse mereka biasanya lebih keliatan artistik dan niat bikinnya, plus caption yang gak sekenanya, bikin fotonya jadi lebih greget. Well, ini hasil pengamatan pribadi sih,OTOH, ada juga yang bikin fotonya asal jadi nyampur sama barang dari toko lain.



endorse joyagh, biaya endorse joyagh, fee endorse, hijabers endorse, selebgram endorse
Kalo yang ini selebgram langganan endorse para olshopers
via :http://www.beehijab.com/2015/03/joyagh-in-monochrome-hijab-style.html

Speaking of endorsement, ini bisa jadi hal yang menguntungkan buat kamu kalo kamu cerdas memilih figure  yang cocok buat ngebranding toko kamu dan bikin pundi pundi rupiah mengalir, ASAL kamu pinter milih endorser. Dibanyak kasus, ada yang hasilnya zonk, boro boro ada closing, followers juga gak gerak. Oleh karena itu, pilihlah endorser yang tepat, yang bisa membantu toko kamu gak hanya terkenal, tapi juga nambah pelanggan. Caranya gimana ? mau tau ?... mau tau?. Bersambung ke part selanjutnya ya. Udah capek ngetiknya.


Banjarmasin, masuk waktu zuhur.

12 am, September. 

5 komentar

"cek ig kita dong kaka" wkwk.
bener nih kak, dr pd cuma nyepam di komentar orng. ah pengen deh dapat endorse *eh siapa akuh? :D

Setuju poin2nya. Harus cermat ya. Jangan sampe sia2 ya keluarin fee. Hehe

Pengen punya banyak tawaran endorse dah ..
Tapi ngumupulin followers susah sekali :(

aku sih pilih endorse pake selebgram plus boost pake ads. kalo jualan udah banyak, nggak ada salahnya pake artis. :D

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon