Sunday, October 4, 2015

mau endorse artis atau selebgram ? Baca ini dulu (part 2)

Setelah berjibaku dengan rasa malas dan prokrastinasi level mengkhawatirkan, akhirnya kesampaian juga bikin artikel lanjutan dari tulisan saya sebelumnya , ngomong ngomong artikel saya soal endorse kemaren ratingnya paling moncer diantara artikel yang lain, Alhamdulillah yah
Baideway baswey  soal endorse mengendorse, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan apalagi buat olshopers nubie. Terutama sih biar endorse yang kamu upayakan berhasil, at least bikin orang orang ngeh dan ngefollow akun kamu. Jangan sampe udah mihil mihil bayar endorser tapi gak ngefek. Jadi , sebelum kamu memutuskan promosi dengan endorse, mending baca ini dulu yuk.

1.       Seleksi
Nah ini penting, jangan serampangan dalam mengendorse. Jangan mentang mentang si A followersnya bejibun, ato si B langganan endorse trus kamu langsung nawarin endorse. Liat juga kesesuaian karakter si endorser dan followersnya dengan target market kamu. Misalnya kamu jualan sepatu kantoran buat cowok cowok usia 25 sampe 40an trus kamu ngendorse si Aliando, yang followersnya rata rata abege cewek yang masih minta duit jajan sama emaknya, menurut loo ?. so, jangan diliat Cuma dari jumlah followers sama kepopuleran mereka aja, tapi liat juga dari image si endorser dan brand image produk kamu, matching gak ?.

bloop endorse


2.       Pelajari.
Kalo kamu udah lolos tahap pertama dan udah nemu beberapa kandidat yang kira kira cocok buat ngewakilin brand image kamu, lanjut deh ke step 2, Pelajari. Gak susah kok apalagi buat  yang hobi stalking di dumay. Emang apa aja yang perlu dipelajari ?, first and foremost, gimana si endorser itu mempromosikan barang endorsenya. Apakah pakai caption yang menarik ?, apakah foto produknya bikin orang orang jadi kepincut ? atau malah males malesan ?. Cuma nulis “skirt by @adadeh olshop, thank you “. Endorser yang bagus bukan hanya memajang foto endorse dengan caption seadanya tapi dia harus mampu mempersuasi orang orang yang melihat foto itu untuk melongok toko kamu. Caranya ?ya dengan caption yang menarik, yang bikin orang tergerak untuk meluangkan waktunya mengklik akun olshopmu. That’s why, kalo bisa pilih endorser yang gak cuma punya foto berkualitas tapi juga pinter bikin bahasa iklan yang “mengajak”.

endorse fee


3.       Amati
Ditahap ini kamu perlu mengamati gimana interaksi yang terjadi diakun si endorser. Kalo komennya lumayan banyak berarti besar kemungkinan jualan kamu bakal dilirik. Tapi, liat juga komentarnya yang kayak gimana, kalo rata rata spam jualan sih yaaa…..
Bukan cuma diakun si endorser tapi kamu juga perlu liat gimana pergerakan yang terjadi diakun olshop yang dipromosiin. Amati bagaimana perubahan yang terjadi diakun  tersebut. Bisa kamu liat dari peningkatan jumlah followers ato komen komen yang muncul dilapak mereka setelah diendorse. Walaupun hal ini gak selalu bisa jadi patokan , tapi seenggaknya kamu dapat bahan pertimbangan.


4.       Prospek
Kalo kamu udah melakukan 3 steps itu dan ngerasa dia orang yang cocok buat jadi endorser, saatnya diprospek. Eittss, bukan nawarin MLM ya prospeknya, tapi nawarin kesediaan mereka diendorse sama produk kamu. Gak semua endorser langsung oke kalo ada tawaran, apalagi selebgram ato artis yang udah tekenal. Biasanya mereka liat liat dulu produk apa yang mau kamu tawarin, kalo oke lanjut, kalo enggak? Find another, dude.

Jangan lupa juga buat menawarkan diri dengan sopan dan ramah. Sekalipun udah terpampang nyata kalo mereka nerima endorse, ya jangan langsung tembak juga “sis, endorse dong “. Pake permisi, perkenalkan diri baik baik sambil mengajukkan keinginan kamu, misalnya ; “ halo, kenalin kami dari” apaajadeh store”, akun IG kami di @apaajadeh, menjual kaos kaos lucu, mau menanyakan bersedia gak diendorse sama produk kami?”. sekalian juga kamu kasih foto produk yang kamu jual. Mungkin terdengar basa basi tapi jangan salah, siapa tau karena penawaran kamu yang ramah dan sopan mereka terkesan dan langsung ngiyain.

5. Apresiasi
Ini bisa dilakukan kalo produk kamu udah dipost sama endorser. inget ya, jangan langsung ngilang begitu endorsement kamu udah terlaksana. No matter gimana pun hasil akhirnya, apresiasilah dia yang sudah capek capek fotoin barang kamu, nyari angle foto yang tepat, dan lain lain. Jangan lupa ngucapin terima kasih, siapa tau one day kamu memerlukan jasa dia lagi, atau barangkali dia malah jadi customer kamu, who knows?.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum memutuskan mengendorse artis atau selebgram yang kamu anggap potensial buat bantu promosi. Please note kalo apa yang saya tulis disini murni hasil pemikiran saya sendiri, jadi kalo ada beberapa point yang kamu gak sreg yah gak papa banget, do it your own way J.  Sehubungan dengan semakin masifnya perkembangan endorse, banyak juga endorser yang ngenain fee, yah anggap aja uang lelah gitu. Buat kamu yang punya modal gede mungkin ini gak terlalu jadi masalah tapi kalo modal kamu tipis, saya saranin sih cari yang free aja masih banyak, kan lumayan dananya bisa kamu alokasikan buat nambah modal, xixixi.
segitu dulu ya, sebenarnya masih banyak tips yang lain. mudah mudahan bisa nulis dilain kesempatan. terima kasih ;)


Banjarmasin, jelang tidur malam
Oktober 4th.

2 komentar

Wah... mantap nih...
untuk endorsement buku bisa kan nih??

bisa lah, asal pinter pinter aja nyari figur yang sesuai buat diendorse
:)

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon