Wednesday, October 26, 2016

Kenalan sama Banjarmasinfood


 
tempat makan banjarmasin

Sebenernya kalo dibilang kenalan mungkin kurang tepat ya, secara kamu pasti udah kenal. Apalagi kalo kamu urang Banjar anak Instagram yang hobi “beredar” buat jelajah rasa di tempat tempat makan di Banjarmasin dan sekitarnya. Pasti udah tau lah ya sama akun ini.

Banjarmasinfood adalah salah satu akun foodgram yang hits banget di Banjarmasin. Karena ke “hits” annya itulah yang bikin aku penasaran buat ngulik ngulik soal akun ini, dan gayung bersambut, adminnya Banjarmasinfood yang super ramah dengan senang hati menerima permintaan aku buat diinterview ala ala. 


Oia..
Mari kita panggil admin ini dengan panggilan kesayangan “Mimin”, karena begitulah dia menyebut dirinya.


Ceritain dong gimana sih awalnya terbentuk akun @Banjarmasinfood?
Basicnya mimin emang suka wisata kuliner, gak cuma makan tapi juga fotoin makanannya trus dipost ke sosmed gitu. Dari situ kepikiran “eh kayanya kalo bikin akun instagram khusus kuliner gitu seru kali ya ?. ditambah lagi terinspirasi dari @dapurbalikpapan. akhirnya mimin mutusin buat bikin akun ini deh. sekarang akun ini udah mau 3 tahun. Dibikin pertama kali bulan November 2103.

wah berarti bisa dibilang banjarmasinfood tuh pelopor akun foodgram di Banjarmasin dong?
kalo soal pelopor mimin sih kurang tau tau ya, dan gak berani ngeklaim juga, hehe.. Yang jelas pas  bikin akun ini mimin kan search dulu di instagram, udah ada gak namanya, ternyata belum ada. Ya udah bikin deh.

ada cerita menarik gak min selama ngejalanin akun ini?
Ada dong, awal awal bikin tuh lumayan banyak yang gak sreg sama @Banjarmasinfood. kalo istilah kerennya sekarang “haters” kali ya? Hihi.  Kata mereka ngapain juga bikin akun khusus makanan gitu? pake review review segala, gak penting banget. Sempat down juga sih waktu itu. 

tapi sekarang udah gak down lagi dong min?
Alhamdulillah sih sekarang banjarmasinfood udah disambut dengan baik sama orang Banjar.

iyalah, buktinya folllowersnya sekarang udah hampir 40 ribu lebih. ngomong ngomong gimana caranya min bisa ngeraup followers banyak gitu?
Awalnya mimin juga gak nyangka sih Banjarmasinfood bisa berkembang sampe jadi kayak sekarang. Ditahun tahun pertama followersnya juga  gak langsung banyak gitu. Baru ditahun kedua mulai deh tuh ada peningkatan. Mungkin karena mimin sering update postingan dan fotonya juga dibikin  seberkualitas dan sebagus mungkin.

 Selain itu mimin juga terbantu banget sama sponsor dari @indocitramediadigital yang bikinin logo pertama  Banjarmasinfood, jadi akun Banjarmasinfood keliatan professional dan ngaruh ke peningkatan followers juga .

trus satu lagi nih, akun Banjarmasinfood gak pake beli followers ya. Followers kita asli kaka, wong kita merintis dari nol.

weiiitsss, salut deh sama miminnya. pasti sekarang banyak dong min yang nawarin endorse.
Kalo soal tawaran endorse dan paid promote sih alhamdulillah ada. Kalo paid promote sebulan biasanya ada 10-15 klien, termasuk yang langganan. Kalo endorse, dalam sehari bisa ada 1 sampe 7 endorse gitu. tapi mimin juga pilah pilih sih, gak semua tawaran langsung diiyain.

Selain endorse dan pp, apa lagi min keuntungan lain yang didapetin  selama menjalankan akun ini?
Pastinya dapat banyak teman baru yang seru seru. Trus udah 2 kali juga diajak kerjasama sama Honda trio motor buat event  Banjarmasinfoodfest Vol 1 dan 2 di Menara pandang siring.
dan, yang paling berkesan itu kalo ada tenant tenant ternama yang ngundang mimin ketempat mereka, foto foto, dan hasil foto mimin disandingkan sama foodgrammer dari kota besar lainnya di Indonesia itu, wihh, pokoknya gak ternilai dengan uang deh.

Wah asik banget pengalamannya , trus apa rahasianya min biar akun akun non personal diinstagram kayak Banjarmasinfood  itu disukai dan dapat banyak followers?
Intinya sih harus niat, jangan cuma ikut ikutan doang, harus punya  passion juga dibidang tersebut. Kaya mimin ngerasa passionnya lebih ke kuliner, Foodphotography , Buzzer. Jadi pas bikin akun Banjarmasinfood ini mimin seneng ngejalaninnya, gak setengah setengah.  Karena sesuai sama apa yang disuka.
Selain itu jangan lupa bangun komunikasi sama followers. Kalo mereka ngomenin, usahakan dibales, jangan dicuekin.Dan berikan konten yang berkualitas.
Satu lagi jurus terjitu dari mimin, sering kasih hadiah ato giveaway gitu ke followers sebagai tanda terima kasih juga sih. Contohnya mimin suka ngasih giveaway berupa voucher resto/café gitu tiap nambah 10 ribu followers. nah  “resep” yang satu ini ngaruh sih ke akun mimin, hehe..

Terakhir min, sebagai foodgramer gimana pendapatnya tentang usaha kuliner yang akhir akhir ini makin menjamur dikota seribu sungai kita tercinta ?
Bagus dong. mimin selalu support usaha usaha kuliner di Banjarmasin. Semakin banyak usaha kuliner  juga menunjukkan kemajuan dan membantu perekonomian masyarakat dikota Banjarmasin kita tercinta. Selain itu, pecinta kuliner juga semakin punya banyak pilihan dalam soal makan makan.

Okey, makasih  ya min udah mau dirempongin sama pertanyaan aku. Sukses selalu buat mimin dan Banjarmasinfood
Sama sama, sukses juga buat kamu. Semangat nulis blognya yaa..


Itulah sekelumit bincang bincang ringan aku sama adminnya Banjarmasinfood. Berawal dari doyan makan dan hobi fotografi, akhirnya terbentuklah Banjarmasinfood yang bukan sekedar akun biasa. Tapi juga wadah memprosikan usaha kuliner di Banjarmasin dan sekitarnya.

Kalo kamu ngiler pengen kaya miminnya, seriusin aja hobi kamu.  Manfaatin sosial media gak cuma buat narsis narsisan, tapi juga buat hal hal positif dan media kamu menyalurkan passion.

Kalo kamu mau kenal sama mimin Banjarmasinfood yang kece, follow aja instagramnya @chrysalisicha. Siapa tau kamu ditraktir. xixixi :)

1 komentar so far

Emmmm... Kayaknya enak-enak tuh makanan di BanjarmasinFood
Thanks for sharing

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon