Monday, October 24, 2016

Kenapa pelakor lebih dibully daripada pebinor?

angelina jolie, jennifer aniston




Apa itu pelakor ?

Pelakor adalah kependekan dari kalimat "perebut laki orang". Sedangkan pebinor? Yap betul, perebut bini orang. Aktivitas yang sama,subjek yang berbeda. Yang satu ngerebut suami, yang satu ngerebut istri.


Yang lebih mengherankan, dua aktivitas yang sama ini dapat perlakuan yang berbeda dari masyarakat. Dimana pelakor itu lebih bullyable dibanding pebinor. Hujatan, cacian, makian, sumpah serapah lebih banyak dialamatkan ke pihak wanita dibanding sebaliknya. Apa karena kasus wanita merebut suami dan merusak rumah tangga orang lain itu lebih likeable dibandingkan sebaliknya?. Sepertinya iya, contohnya liat aja sinetron sinetron di Indonesia. Banyakan mengangkat cerita soal wanita idaman lain daripada the other way around.



 Atau karena kaum wanita itu lebih emosional?, pandai berempati dan menempatkan diri diposisi korban. Sehingga ketika ada kasus wanita yang merebut cinta seorang pria yang telah berkomitmen mereka rame rame memojokkan si pelakor sebagai bentuk dari “sisterhood”. Padahal yang namanya perselingkuhan atau pengkhianatan itu terjadi karena kesadaran kedua belah pihak, bukan cuma salah wanitanya ato prianya aja.




Mari kita ingat ingat lagi kasus perselingkuhan heboh di jagad hiburan. Kasus Ahmad Dhani, Maia, dan Mulan. Dan yang paling fenomenal sampe bikin kubu kubuan antar fans, Angelina Jolie, Brad Pitt, dan Jennifer Aniston. Dari kedua kasus ini polanya sama, si mistress lebih berada diposisi tersudut, terhina, terbully, dan terapalah apalah. Padahal kalo mau dikritisi lebih dalam, perselingkuhan itu melibatkan kedua belah pihak yang sama sama sadar bahwa mereka terlibat dalam cinta terlarang. Kalo argumennya “ya wajarlah dibully, udah tau punya istri kok masih dideketin”. Yakin dideketin?, gimana kalo justru si pria lah yang duluan melancarkan jurus terjitu sampe si wanita klepek klepek. “nah itu lebih parah, kok masih diterima sepik sepiknya, kan bisa nolak?’. Argumen yang sepadan bisa ditujukkan ke pihak pria “udah punya istri kok masih deketin wanita lain?’ atau “udah punya istri kok ditanggepin” kalo disini si pria yang jadi pihak pasif, dideketin duluan sama si wanita.





Dalam KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA (KBBI),rebut artinya rampas, ambil dengan paksa ( barang/kepunyaan orang lain), ditambah imbuhan pe- yang berfungsi untuk menyatakan pelaku (kelasindonesia.com). pelakor berarti seseorang yang merampas atau mengambil dengan paksa kepunyaan orang lain, dalam konteks ini artinya suami orang. Nah masalahnya apakah seseorang yang dikategorikan pelakor itu sudah pasti merebut?. Apakah mereka sudah pasti jadi subjek aktif dalam artian aktif melakukan tindakan/perbuatan yang membuat target berpaling hati?. Gimana kalo justru pihak laki lakilah yang duluan ngerayu?. Atau kalaupun dua duanya sama sama suka, berarti gak ada istilah “direbut” kan disini?. Apalagi kalo pihak laki laki dengan sukarela menyerahkan diri untuk direbut.



Sebelum didemo ibu ibu, teteh teteh, mbak mbak yang baca. Let me get this straight, saya bukan mau belain para pelakor ya. Hell no. I totally against it. Mau atas nama cinta sejati, selingkuh tetep aja salah. Saya cuma mau mengajak kalian untuk gak bias gender. It takes two to tango. Kedua belah pihak dengan sadar terlibat dalam hubungan yang bisa menyakiti pihak lain . Sangat gak adil kalo cuma pihak wanita yang dapat penghakiman dan pandangan miring, sedangkan laki laki bisa dengan entengnya lenggang kakung seolah olah mereka gak ikut andil dalam hubungan terlarang itu.  Apa karena ngebully sesama wanita itu lebih mengasyikan daripada ngebully pria?. Any thought? 

Baca juga : (Jaman dulu jarang cerai ?)

23 komentar

Pertama kali saya denger istilah ini di akun IG gosip wkwkw

Masyarakat sering banget bias gender, tapi so far di dunia saya setidaknya, keduanya diperlakukan sama kok hehe

baru denger mba istilahnya hahahha *kudet cinn*
mau palakor mau pebinor semuanya SALAH no excuse dah mau yang cewe atau cowonya deketin duluan semuanya salah ga pada punya rasa kasian sama pasangan masing2 apalagi anak jika yang uda punya dimana si hati nuraninya mengorbankan masa depan anak hanya untuk cinta sesat. *jadi emosi* wkwkkwwk

makin kesini masyarakat udah mulai bisa open minded mbak. tapi can't deny juuga kalo mayoritas masih menempatkan wanita di posisi tersudut kalo ada kasus kaya gini.

Hehe, kalo bahas ginian emang biasanya kebawa esmosi mbak ;)

Bahasannya sensitif nih, kalau gak dibaca ampe habis bisa bikin naik darah hehe :D
Apapun alasannya, Pelakor dan pebinor itu salah ya, apalagi kalau sudah punya anak. Kebetulan ada kejadian kaya Bradpitt sama Jolie yg terjadi deket rumah, aku jadi baper tiap liat anaknya :'(

hey mak ( hehehe :), Thank you udh jalan jalan keblog aku. Jangan kebawa emosi ya (tarik nafas). xoxo.

Aku srg dgr kalo pelakor, tp pebinor baru kali ini wkwkwkw.. Buatku ya mba, 2-2nya menyebalkan dan bikin emosi.. :p. Sama2 nyakitin hati pasangannya.. Jd aku benci perbuatan baik itu pebinor ato pelakor -_- . Tp memang sih di masyarakat kita spertinya msh lbh bnyk yg mnghujat pelakor, mnrtku krn, kyknya cuma cewe yg suka peduli soal beginian.. Yg mau kepoin siapa selingkuh ama siapa.. Coba kalo cowo, ga peduli kali mau tetangganya ngerebut istri sapa kek :p.

Itu cm tebakan aja sih mba :D. Pokoknya buatku, pelakor pebinor, sama2 membuat marahlah.. Amit2 ya.. Semoga kita dijauhin dr yg begini2.

Hihihi iya juga yah kok aku nggak kepikiran sih?
Tapi pas baca ini mah aku sadar.
Apalagi kasus MJ itu bener bener jadi bahan hujatan dia mah

Saya belum pernah ketemu para cowok yg ngebully cowok rebut istri orang hehehe.
Memang iya, kebanyakan pelakor yg jd sasaran bully.

halo mbak fanny, iya bener banget kita kaum cewek kayanya lebih demen kepo dibanding kaum pria. kalo cowok mah lebih cuek eym?
Amiin, mudah mudahan langgeng terus ya sama pasangannya sampe aki nini ^__^

hey mba laili, waduh kalo MJ mah itu kadang suka merinding sendiri denger hujatan para haters, sampe ke anak anaknya pun dibully *geleng geleng kepala*

atau jangan jangan sebenernya kaum cowok itu juga sering ngebully diam diam ya jeung?, tapi mungkin mereka ngebully offline pas lagi kumpul2, hihi... gak kayak kaum cewek yg ngebully berjamaah di sosmed. *lirik akun IG gosip*

Apapun itu skrg aku ga brani ngejudge perempuan sekasar yg hater2 lakuin. Lah cm 3orang itu yg tau ada apa di rumahtangga mereka sih. Banyakin doa aja jgn smp kejadian ama kita

Bisa juga kan mereka berselingkuh akibat dari ketidaknyamanan dari istri ataupun suami mereka masing2... kalau kata saya sih, harus lebih open minded lagi sih... ada sebab ada akibat pasti. Terjadi perselingkuhan pasti karena ada sebab2 bukan? Saya yakin kok, tidak akan ada perselingkuhan kalau dalam sebuah pernikahan itu baik2 saja. Bukan maksud membela siapa2 loh ya ini...

Hallllah mas azwar dn, kita laki gk usah ikutan rumpian para ibu2. Ckup baca sambil ngopi,ngrokok senyam senyum,ketawa ketiwi,udh ckup tau aja. Ngopi yuk ah,ini bukan obrolan laki. Maap ye ibu2...neng2...mbak2...none2...jeng2...cuuuuzzzz☕🚬

This comment has been removed by the author.

mantap, baru tau artinya gara-gara blog ini. thx infonya mba

aku mengalami nya... rumah tanggaku hancur berantakan karena pelakor berhijab.. kurang ajar... 😭😭😭

aku mengalami nya... rumah tanggaku hancur berantakan karena pelakor berhijab.. kurang ajar... 😭😭😭

dua-duanya salah...tapi kalau menuduh tanpa bukti kasian yang ada fitnah..mending sewa detektif perselingkuhan...hehehehhe...bukti yang didapat akurat berupa video dan foto saat pelakor/pebinor sdg berdua

Betul mas azwar...hal ini terjadi sama masku sendiri..maaf bukan membela cwok sdgkn disini posisi saya sbgai cwek..istri masku itu brani sekali sama masku,yg dikatakan gila gk pernh dihargai dijlk2in didpn umum melalui sosmed bhkn didunia nyata..g kurg2nya masku menafkahinya..masku orngnya gk bnyk ngmog g taunya diam2 masku punya idaman laen berhijab santun kata2nya...ya stlh ak pikir2 kslhn tdk 100% pada pelakor...tp alhmd dg kejadian sprti ini pembelajaran buat ak jg sih kl punya suami kelak ak hrs lbh menghargainya...itu aja mksh

Emang salah kalo laki-laki kawin lagi?
Kalo suami zina tanpa nikah, itu masih bisa dimaafin ya?
Selagi lelaki itu mampu adil dan mapan, bagi saya ya sah-sah aja kalo dia mau kawin lagi.
Dosa zina bagi seseorang yg sudah menikah itu lebih besar ketimbang dosa zina bagi pasangan yg belum pernah menikah.
Banyak hal kenapa suami lebih suka rumput tetangga ketimbang rumput dikebun sendiri, yg sudah mulai menguning.
Koreksi diri sebelum ngjudge ya ibu-ibu

Emang salah kalo laki-laki kawin lagi?

yang bilang salah siapa ya? poligami kan memang dibolehkan.

kalo suami zina tanpa nikah, itu masih bisa dimaafin ya?

gak tau bang, tanyain istri ente sendiri deh (kalo dah punya istri)


Banyak hal kenapa suami lebih suka rumput tetangga ketimbang rumput dikebun sendiri, yg sudah mulai menguning.

contohnya?

Koreksi diri sebelum ngjudge ya ibu-ibu

gak ada yang ngejudge, perasaan ente saja ah. koreksi diri itu harus dilakukan siapapun, ya suami ya istri


* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon