Friday, November 25, 2016

(Catatan pendek) Urusan jauh atau dekat, pakai helm = harga mati



wajib pakai helm



“gak usah pake helm ya, deket ini”


Pasti sering dong denger ucapan kayak gitu ?, ato jangan jangan kamu sendiri termasuk yang kayak gini ? hadeeh,kalo buat aku sih mau jauh ato dekat, pakai helm itu hukumnya fardhu ‘ain. Lagian heran sama orang yang berpikiran macam ini. Kayanya abai banget soal keselamatan diri, trus juga yakin banget kalo perginya deket = gak bakalan terjadi apa apa.

Yang namanya musibah mah gak tergantung jarak. Dirumah sendiri aja kita bisa terkena musibah, apalagi ini yang itungannya udah keluar rumah, apalagi keluar jalan raya.



“ya kalo takdirnya celaka mau pake helm ato enggak kan tetap aja celaka”


Sebelum berserah sama takdir kan kita disuruh ikhtiar dulu kaka.. mau kena musibah ato enggak itu urusan yang Diatas, dan kita gak pernah tau apa yang akan terjadi. Tapi urusan pake helm itu kewajiban kita dalam berikhtiar mencegah hal hal yang tidak diinginkan. Itung itung ngurangin level nyesek dan penyesalan  kalo beneran kecelakaan. Gak ada ceritanya “seandainya tadi pake helm, pasti bla..bla..bla..”

Trus ini satu lagi, sering banget liat dijalanan orang dewasa yang bawa motor bonceng anak trus anaknya gak dipakein helm aja gituh. Anak anak disini maksudnya yang berusia 2 tahunan keatas ya. Karena setau aku pemakaian helm buat anak dibawah usia satu tahun itu tidak dianjurkan. 

Kalo alasannya si anak gak betah pake helm ya tetep gak bisa jadi pembenaran sih. Harusnya nyari tau dulu kenapa gak betah pake helm. Apa jangan jangan ukuran helmnya terlalu berat buat kepala anak anak yang mungil?,, ato kesempitan misalnya.

Yang paling logis sih kebiasaan pake helm itu gak dibangun didalam keluarga. Kalo orangtuanya bodo amat soal helm, ya jangan heran turunannya juga ngikut.

Intinya, pake helm itu bukan lagi kewajiban, tapi kebutuhan. Sebagai warga Negara Indonesia yang ccerdas, keamanan dan keselamatan dalam berkendara itu penting banget. Apalagi yang ngakunya berpendidikan tinggi, tapi gak punya disiplin berlalu lintas. Ihhh, gak respek deh. #sorry.

4 komentar

kadang juga orang dewasa helmnya di pake di dengkul bukan di kepala :v

betul mbak.. namanya musibah bisa terjadi di mana saja.. dan helem adalah salah satu cara untuk meminimalisirnya.. paling kalaupun terbentur nggak sampai parah-parah amat

betul pak, harusnya memakai helm bukan lagi soal kewajiban, tapi kebutuhan :)

sepemikiran kalau soal helm kita... Pokoknya bila naik motor, pakai helm wajib hukumnya

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon