Tuesday, January 17, 2017

Tips menulis dan mengirim CV via email yang baik dan benar




ATTENTION :  TULISAN INI PANJANG. SIAPIN KOPI SAMA KUACI DULU BIAR GAK BOSEN BACANYA.


Sekarang makin banyak perusahaan yang mensyaratkan mengirim aplikasi lamaran kerja lewat email instead of hard copy. Dan aku termasuk yang palng seneng kalo ngirim lamaran kerja lewat email. Pertama lebih hemat waktu dan tenaga. Kedua, hemat kertas bok. Secara tuh kertas paling juga berakhir ditempat sampah, padahal biaya nge-print juga gak murah :( .

Tapi dijaman teknologi makin berkembang kayak sekarang ternyata masih banyak juga yang clueless, gak tau gimana caranya ngirim lamaran kerja lewat email. Apalagi di sekolah gak diajarin, eh diajarin gak sih ?, udah lama ga sekolah lagi soalnya. Wkwkk..


Karena kurangnya pengetahuan soal ngirim lamaran lewat email, akhirnya banyak yang keliru dalam urusan satu ini. Apalagi banyak dari kita yang jarang pake email. Punya sih email, tapi paling buat bikin pesbuk, instagram, dll. Iya kaaan ? hayo kamu ngaku. Gak banyak orang yang tau adabnya  berkirim pesan lewat email. Apalagi surat lamaran kerja termasuk surat resmi.

Yuk ah  biar gak bingung simak tulisan dibawah ini dulu ya. Jangan lupa siapin kopi sama kacang soalnya tulisannya agak panjang.


Baca juga : Suka duka kerja dari cafe

First and foremost, dalam mengirim lamaran kerja yang pasti siapin dulu CVnya. Udah bikin CV belom?. Yang belum tau cara bikinnya googling aja yah, tapi jangan copas lho. 

Kamu juga bisa download template CV di google kalo pengen tampilan yang gak biasa biasa aja.  Dan template ini  editable di Word, jadi kamu tinggal edit edit dan isi pake data sendiri.



Apa aja yang ada didalam CV ?

·         Data pribadi ( Nama, alamat lengkap,foto , nomor hape, email)
·         Personal Statement
·         Latar belakang pendidikan (Cukup tulis pendidikan terakhir. Gak perlu sampe almamater TK juga disertakan)
·         Pengalaman kerja
·         Pengalaman kursus/volunteering/organisasi
·         Skill
·         Referensi

“Kak, aku masih belum paham soal Statement .”

Statement adalah pernyataan tentang siapa diri kamu yang bisa kamu tulis dalam 1 – 2 paragraf pendek. Misalnya :


"I am a versatile, pro-active, board level executive with wide range of skills encompassing sales management, marketing, operation efficiency and corporate planning. Having worked in highly pressurised situations I have shown the necessary skill set to bring complex situations to a fruitful conclusion. I have been instrumental in orchestrating and managing teams during complex and innovative sales of technologically advanced... "
(source : Harveynash.com)

Sori yee kalo contohnya dalam bahasa Inggris, secara googling dalam bahasa Indonesia susah nemunya.
Personal statement ini sifatnya opsional sih, ada juga yang bilang kalo hal ini gak terlalu penting buat disertakan, takutnya ngabisin space di CV kamu. Tapi kalo CV kamu masih banyak lowongnya, ya sertain aja sih. Asal sesuai sama diri kamu ya, jangan dilebay lebayin biar berkesan, apalagi copas punya orang.


Nyiapin CV udah, trus dokumen lain siapin juga dong buat dilampirkan di email. 

Dokumen apa aja yang ada didalam lampiran ?

Yang jelas sih CV kamu, scan ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat kursus yang mendukung pekerjaan kamu misalnya sertifikat komputer ato bahasa asing. Trus dokumen tadi kamu gabung jadi satu file di ZIP, biarkan CV tersendiri, gak digabung. Biar kalo rekruter mau liat CV kamu gampang, tinggal klik, ga pake ekstrak ekstrak dulu kaya kulit manggis.

Usahakan ukuran attachment maksimal 2 MB deh, bahkan banyak perusahaan yang menentukan ukuran maksimalnya 1 MB. Makanya gak perlu banyak banyak ngirim dokumen pendukung deh. Biar size attachment kamu gak menggelembung. Cukup yang penting penting aja.


Trus muncul lagi pertanyaan, kalo ngirim CV bagusnya dalam bentuk apa ?

Kalo dari hasil cari tau kiri kanan sih banyak yang nyaranin mending pake format pdf aja, bukan docx. Karena keuntungannya bikin file CV layoutnya gak berubah begitu dibuka di komputer penerima. Gak mau kan begitu rekruter buka CV kamu yang udah capek capek kamu bikin dan edit sana sini bentuknya jadi amburadul?.

Gimana dengan foto ?
Foto didalam CV kamu udah cukup kok ;)

Kayak gini contohnya :

tips mengirim cv lewat email 


(Via Hloom.com)

Nulis CV udah, nyiapin dokumen pendukung udah. Sekarang saatnya kamu action, mulai kirim lamaran kerja kamu lewat email. Etapi tunggu, jangan kamu kirim dulu sebelum perhatikan hal hal dibawah ini

1.       Nama email
Kayanya semua udah tau ya kalo mau ngirim lamaran pake nama email yang profesional, yaitu nama asli kamu. Bukan nama samaran kayak tinkywinkycute@gmail.com misalnya.

2.       Subjek email jangan kosong
Ini hal kecil yang banyak dilupain sama pelamar. Padahal aspek ini penting banget. Isi nama kamu, posisi yang dilamar/kode posisi lamaran, misalnya :

(Lamaran kerja_IT Programmer_nama lengkap kamu).


1.       Isi badan email
Mentang mentang semua kelengkapan udah ada di attachment trus kamu mikir itu udah cukup, dan biarin badan email kosong gak diisi. Padahal isi email itu  ibarat kunci menuju hati rekruter kamu, halah.

Jangan cuma ngisi 

“Terlampir CV saya. Ditunggu kabar selanjutnya”

Ato yang lebih parah

“Semoga diterima”

Ngarep boleh, tapi tetap bermartabat lah. Kalo nulis kayak gitu mah keliatan hopeless.

"Trus apa dong yang harus aku tulis ?"

Kamu bisa tulis cover letter di isi email.  Secara general cover letter biasanya terdiri dari 3 struktur.


·         Pembuka

Terdiri dari 2 – 3 kalimat. Di bagian ini kamu bisa ngasih tau employer darimana kamu mengetahui info lowongan pekerjaan tersebut. Kemudian lanjutkan dengan memperkenalkan asal universitas, jurusan dan tahun lulus kamu.

·         Isi ( highlight your skill/experience)
Di part ini kamu bisa mention kemampuan kamu, pengalaman kerja, karakter , dll yang sesuai dengan kriteria karyawan yang diinginkan sama perusahaan. Tonjolkan kelebihan atau pengalaman kerja yang kira kira nyambung sama kerjaan yang kamu incar. Dan jelaskan kenapa hal itu bakalan kepake diposisi saat ini.

Tapi untuk yang ini gak perlu bombastis banget ya kayak promo MLM. Yang gak ada jangan diada adain. Show  qualities you really can prove them you have. Gak usah pake dilebih lebihin apalagi boong buat mengesankan rekruter. Toh suatu saat bakal ketauan kok.
.

·         Penutup
Dibagian inilah kamu perlu menyampaikan ke rekruter bahwa CV dan berkas . Dan CV kamu terlampir. Jangan lupa sertakan nomor hape yang bisa dihubungi dan aktif. Dan ucapan terima kasih.



"? Eh bentar bentar, emang cover letter apaan sih "


Cover letter bisa dibilang surat pengantar dari CV kamu. Banyak juga yang bilang kalo cover letter tuh surat lamaran. Tapi sebenernya keduanya adalah hal serupa tapi tak sama sih. Apa perbedaannya ?, google aja sendiri ya. Hehe.

Intinya, Isi cover letter ini harus mampu mengkomunikasikan secara lebih singkat, padat dan jelas apa yang udah termaktub dalam CV kamu. Kenapa kamu tertarik dan kamu kandidat yang pas buat posisi yang kamu inginkan. Itu sih garis besarnya.


Nah, karena aku baik (ehemmm). Nih kukasih contoh cover letter yang baik dan benar.


(tulis nama kamu)
( alamat saat ini)
(nomor telepon)
(email)

Dengan hormat,
Bersama ini saya menyampaikan tentang minat saya untuk posisi yang saya sebut diatas. Saya melihat iklan lowongan pekerjaan yang tertulis di koran Jawa Pos pada tanggal 21 Mei 2016.
Saya menyelesaikan studi S1 di Fakultas Management – Universitas Brawijaya (UB) Malang, tahun 2008. Pekerjaan terakhir saya sebagai marketing di PT Bentoel Internasional tbk, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang produksi rokok. Sebelumnya saya bekerja di PT Sampoerna tbk, sebagai kepala bagian selama kurang lebih 2 tahun dan di PT Gudang Garam sebagai marketing selama 3 tahun.
Saya sangat tertarik dengan posisi kerja sebagai marketing sehingga dalam setiap kesempatan saya berniat untuk meningkatkan kemampuan di dalam diri saya sehingga bisa menjadi pekerja yang lebih baik lagi. Saya sudah memperkenalkan diri melalui ketrampilan yang saya miliki mulai dari ketrampilan dalam mengoperasikan komputer baik software atau pun hardware. Selain saya bisa bekerja di perkantoran, saya juga mengenal tentang design grafik dan cara pengolahan grafik.
Saya merupakan pribadi yang bisa beradaptasi dengan mudah terlebih dalam menyesuaikan budaya organisasi. Saya juga bisa menyesuaikan diri dengan teman satu tim untuk bisa mencapai target lebih baik dari sebelumnya.
Pada saat kuliah, saya selalu aktif dan ikut serta dalam melakukan kegiatan kemahasiswaan. Organisasi kampus yang pernah saya ikuti adalah forum lintas wacana dan juga forum kreatif bakat dengan menduduki jabatan sebagai sekretaris.
Saya merasa yakin dengan kombinasi pengalaman saya dan pendidikan sekiranya saya bisa menguntungkan perusahaan Anda. Rasa antusiasme yang tinggi dalam melakukan berbagai kegiatan di luar akademik sudah memberikan pelajaran terbaik dalam meningkatkan kepemimpinan karena ketrampilan komunikasi yang saya miliki sangat baik. Selain melampirkan resume saya juga melampirkan beberapa sertifikat untuk refrensi.
Saya sangat berharap untuk mendapatkan kesempatan supaya bisa berbicara dengan bapak atau ibu pimpinan dalam waktu dekat dan menjelaskan mengapa saya calon yang kompatibel untuk posisi tersebut.
               

                                                                                                                                          Hormat saya
(nama lengkapmu)

( sumber : joblike.com)


Gimana dengan tanda tangan ?

Aku sih biasanya ga pake tanda tangan. Cukup tulis nama lengkap aja. Tapi kalo kamu pengen look professional, kamu bisa coba pake signature email.

Contoh signature tuh kayak gini loh,

 


Mau kan punya signature keren kayak diatas ?. kamu bisa bikin secara gratis tis tis di website penyedia kayak wisestamp ato signaturemaker.net. cukup isi data diri dan alamat sosmed kamu, trus copas ke kolom signature di pengaturan Gmail. Done.


Tuh udah lengkap banget  aku beberin, nah sekarang coba kita runut lagi. Anggap aja CV dan berkas pendukung udah di Attach  dan tinggal dikirim. Mari cek lagi email kamu.

√   nama email gak alay
   Subjek email sudah diisi dengan judul “Lamaran Kerja” diikuti nama lengkap dan posisi yang kamu lamar( kalo ada kode posisi, sertakan juga)
  Cover letter yang ditulis dibadan email
  Signature


Kalo semuanya udah check, tinggal klik sent sambil baca Bismillah. Jangan lupa siap siaga terus cek nomer hape dan email yang kamu sertakan, kali kali ada panggilan.

Udah ya? Udah capek ngetiknya cuy. Mudah mudahan bermanfaat ya. Jangan lupa komen kalo ada yang mau ditambahin ato mau share pengalamannya disini. Maap map kalo ada yang salah yee. Karena kebenaran hanya milik Allah *benerin jilbab*. 

Semoga berhasil  *dadah dadah*.

Next : Cara mengirim CV via email lewat handphone

 

 

 


 

 


 

2 komentar

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon