Wednesday, March 29, 2017

Tips menghindari penipuan lowongan kerja



nyari kerjaan jaman sekarang emang kudu ekstra waspada. Karena banyak oknum oknum yang nyari duit pake cara gak halal. Orang mau nyari kerja dapat duit, malah keluar duit. Kalo gak hati hati, bisa aja jadi korban penipuan lowongan kerja. Apalagi buat kamu fresh graduate yang belum banyak makan asam garam didunia persilatan.

BACA JUGA : Tips menulis dan mengirim CV lewat Email

Apa aja yang perlu kamu perhatikan biar terhindar dari jerat jerat penipu?, nih beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan.


1. Dapat undangan wawancara ? jangan senang dulu.

Iya, jangan senang dulu,apalagi sampe bikin syukuran. Karena banyak juga undangan palsu yang seolah olah dari perusahaan langsung, padahal perusahaan yang bersangkutan lagi gak buka rekrutmen.

Hati hati kalo kamu dapat undangan wawancara diluar kota yang mensyaratkan harus pakai travel yang mereka tunjuk dan meminta menyetor sejumlah uang ke travel rekanan perusahaan itu. Perusahaan yang benar akan membiayai akomodasi dan biaya lain lain. Bukan bikin kamu harus keluar uang.

2. Waspada iklan lowongan yang terus menerus tayang.

Sering banget nemuin kayak gini. Mulai eke kuliah sampe selesai kuliah itu iklan selalu nangkring di kolom iklan baris. Mana isi iklannya gak berubah. Ketauan banget abal abalnya. Perusahaan macam apa yang terus menerus nyari karyawan, dan posisi yang ditawarkan juga itu itu aja. So, waspadalah kawan.

Waspadalah kalo liat iklan dikoran yang elu lagi elu lagi.  Tau kan ya kalo salah satu pemasukan media cetak itu ya dari iklan. Termasuk iklan lowongan kerja.  Orang orang di media cetak itu kayanya juga gak peduliin itu iklan valid ato enggak, nipu nipu ato enggak. Jadi pinter pinter kita aja menyaring informasi.

3. Teliti baca iklan lowongan.

Hindari iklan yang isinya gak lengkap. Cuma nyuruh hubungi ke nomor tertentu. Gak dijelasin spesifikasi pekerjaan kayak gimana. Ato kualifikasi yang dibutuhkan. Intinya kalo baca iklan loker yang gak jelas gitu langsung coret sajah.


4. Cari di situs situs lowongan kerja

Kalo nyari info loker carilah di situs situs khusus untuk pencari kerja macam Jobstreet, Jobs.id, dan situs situs lowongan kerja lainnya.
I don’t say kalo nyari lowongan disitus macam Jobstreet dan sejenisnya itu pasti aman dari penipuan. Seenggaknya, disana kamu lebih bisa meminimalisir kemungkinan terkena zonk.

5. Keep informed

Jadi pencari kerja gak boleh ketinggalan info dong ah. Jangan cuma rajin cari iklan lowongan, tapi juga harus kudu wajib banyak dapat informasi seputar dunia kerja, biar gak gampang dibego begoin sama penipu. Googling dulu nama perusahaan yang pengen kamu lamar, apalagi kalo nama perusahaannya asing ditelinga.

6. Banyak banyak berdoa

Bukan cuma berdoa biar dapat kerjaan aja. Tapi juga berdoa biar djauhkan dari orang orang jahat yang pengen dapat duit instant.  Jangan lupa perbanyak sedekah ya, karena sedekah itu salah satunya bisa menghindarkan kita dari musibah yang akan menimpa *benerin jilbab*

Keenam tips diatas cuma sedikit dari sekian banyak tips tips yang berseliweran di internet. Intinya sih banyak banyak cari tau aja ya. Jangan malas mempercerdas diri. Be a smart job seeker.

Ngomong  ngomong, kamu punya tips tambahan kah?. Feel free to share dikolom komen ya.




6 komentar

Wah bener juga mba. Alert juga ini. Jaman sekarang udah banyak banget strategi manusia. Apalagi kalau yang minta duit, mesti waspada. Hehe. Semoga kita dilindungi dari penipuan lowongan kerja. Aamiin.

Sangat bermanfaat gan, maklum dulu pernah jdi korban loker, udah dapet panggilan wawancara ternyata diminta untuk mengeluarkan uang lagi dengan dalih harus ini dan itu..

Sangat bermanfaat gan, maklum dulu pernah jdi korban loker, udah dapet panggilan wawancara ternyata diminta untuk mengeluarkan uang lagi dengan dalih harus ini dan itu..

Aamin :), yang kasian sih yang kondisi ekonominya pas pasan ya. niat nyari kerja dapat duit, malah apes ;(

waduuh, jadi pengalaman aja ya gan. boleh tuh diceritain di blog ceritanya, sapa tau bermanfaat buat para job seeker .

Siiip tipsnya.. Logikanya adalah, kalo mau kerja udah disuruh bayar duluan itu wajib dipertanyakan.. :D dan butuh masukan dari teman2 yang sudah bekerja..

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon