Friday, May 19, 2017

pilah pilih mie samyang halal



apa itu gom guar, ciri ciri samyang halal, perbedaan samyang halal dan tidak, jual samyang halal,samyang hot chicken ramen halal



Sebenarnya telat banget sih nulis tentang mie samyang halal. Soalnya udah banyak juga dibahas di blog blog ato website. Ya  rajin rajin kita aja yang nyari info. Jadi mie samyang ini udah ada yang halal. Ada logo halal dari KMF ato Korea Muslim Federation. Dan yang berlabel halal ini khusus dibikin untuk pasar muslim, terutama Negara Asia seperti Indonesia dan Malaysia.


Trus kalo yang gak ada logo halalnya gimana?. Yaaa, masih diragukan kehalalannya. Lebih baik gak usah dibeli. Tapi ini yang bikin saya jadi galau, gundah gulana (halah). Masih banyak temen temen saya yang muslim, tapi semangat 45 nyobain samyang yang belum berlabel halal. Entah gak tau, gak mau tau, ato pura pura gak tau. Padahal sebagai muslim, jelas kita harus pinter pinter memilih apa yang masuk kedalam tubuh kita.


“tapi kan di komposisi mie samyang gak tertulis mengandung babi?”


Emang bener. Kalo kamu baca komposisinya disitu kayanya aman aman aja. Gak ada tulisan pork ato apa. Tapi bisa saja proses pengolahannya bersinggungan dengan bahan  bersumber babi, ato mengandung produk turunan dari hewan ini.
apa itu gom guar, ciri ciri samyang halal, perbedaan samyang halal dan tidak, jual samyang halal,samyang hot chicken ramen halal
source : kapanlagi.com


Sayangnya, didaerah saya tinggal,Banjarmasin, susah banget nyari mie samyang yang berlabel halal. Rata rata masih yang gak ada labelnya. Ada sih yang jual online. Tapi kan pake ongkir toh?, which is ongkirnya bisa buat beli samyang beberapa bungkus.


Saya dulu pernah nyobain samyang, duluuu, waktu masih bodoh dan males belajar agama (bukan berarti sekarang rajin ya). Alasannya sih penasaran dan pengen tau seberapa pedas. Dan emang bener rasanya enak banget dan pedasnya lebih nendang daripada brand mie asli Indonesia yang klaimnya super pedas tapi pedesnya cuma seujung kuku.


Tapi sejak rame rame diskusi halal haramnya mie samyang didumay. Saya seperti disentil. Kenapa jadi “gampangan” banget ya saya langsung main beli aja produk impor yang masih belum jelas kehalalannya?, gara gara pengen ikutan kekinian. Trus saya udah pernah makan samyang berarti ada makanan haram dong yan gmengalir ditubuhku ini?. Oh nooo….


Tapi kan dulu belum tau Ya Allah, jadi dimaapkeun kan ya ?


Btw, kenapa sih kita harus peduli  bahwa  makanan yang kita makan  halal?


Oh ya jelas dong, setitik aja ada makanan haram masuk kedalam tubuh kita. Bisa berefek pada gak diterimanya amal ibadah kita. Pasti gak mau dong ya kita udah capek capek beribadah tapi gak ada ganjaran pahalanya?


Memakan makanan yang haram juga akan mempengaruhi terkabulnya doa. Dan juga akan mempengaruhi kondisi keimanan kita. Jadi kalo udah berat beribadah, gak peduli lagi sama baik buruk, halal haram, gak takut sama hukuman Allah, menganggap remeh dosa dosa yang kita lakukan. Coba dicek lagi, jangan jangan ada makanan tidak halal yang masuk ketubuh kita.


Balik lagi ke soal mie samyang. Kalo disekitar kamu adanya mie samyang yang belum berlabel halal, baiknya gak usah dibeli ya. Ato bikin aja mie sendiri trus tambahin cabe rawit yang digerus 100 biji, jamin deh samyang mah lewaaat.


Kalo tetep penasaran pengen nyoba, kamu bisa beli lewat online aja. Via Shop** ato toko**dia. Katanya sih lebih mahal.


Sebagai tambahan, kamu bisa baca facebook post dari Nizam Tikir, pria asal Malaysia yang bertandang langsung ke pabrik pengolahan mie samyang di Korea untuk mencari tau lebih jauh tentang proses pembuatan mie samyang halal.



Semoga aja kedepannya kita bisa lebih berhati hati lagi ya dalam memilih makanan. Jangan sampe demi kekinian, trus aturan agama dilanggar. Maaf kalo terkesan menggurui, hanya ingin berbagi isi hati. Sebagai muslim, kita harus melek dalam urusan halal haram. Jangan berlindung dibalik alasan "tidak tahu". Karena benar benar tidak tau dan tidak mau mencari tau itu dua hal yang sangat berbeda. Apalagi sekarang era internet, gak ada ceritanya gak dapat informasi. Yang ada cuma malas cari tau. 

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon