Monday, June 12, 2017

Acara TV ramadhan tahun 90an yang bikin kangen



acara tv ramadhan, generasi 90an




Ramadhan waktu kecil sama sekarang udah jauh banget bedanya. Selain sekarang udah tambah tua  dan lebih banyak godaannya dibanding dulu ( halo akun gosip Instagram). Acara TV dibulan ini pun juga menurut saya kurang  bahkan mungkin tidak semenarik dibanding tayangan ramadhan jaman masih bocah. Program khusus  ramadhan ini yang bikin bulan puasa jaman dulu berasa banget bedanya dibanding bulan bulan lain. Sekarang ? acara TV khusus ramadhan kayak kehilangan "ruh". Gak ada lagi yang bikin kangen dan segreget jaman dulu.

Ada beberapa acara ramadhan jadul yang saya masih inget banget sampe sekarang.  Sebenarnya masih banyak acara yang lain juga. Cuma yang dibawah ini yang paling berkesan buat saya dan melekat sampe sekarang.


1. Sahur kita


source : tabloid Bintang

Ini acara favorit saya banget waktu kecil. Acara yang bikin semangat buat bangun sahur. Dipandu sama Eko.patrio dan Ulfa dwiyanti,alias Ulek (Ulfa Eko) walaupun bukan acara lawak, tapi selalu sukses bikin ketawa dengan humor humornya yang segar. Gak kayak program ramadhan sekarang yang komedinya maksa. Dan tertawaan penonton yang sama maksanya. 

Acara ini berkonsep seperti.penyiar radio yang lagi siaran didalam studio. Didalamnya ada segmen telekuis,lagu lagu, sama ceramah. Yang paling saya inget kalo menjelang lebaran itu studionya penuh sama kiriman parcel lebaran dari penonton.


2. Lorong waktu


source :yukepo.com



Sinetron ini mulai tayang tahun 1999 sampe 2006 kalo gak salah. Tapi yang favorit saya sih waktu musim musim awal, pas udah taun 2000an keatas udah gak greget lagi gara gara pemainnya sering ganti ganti.

Seperti judulnya, lorong waktu ini bercerita tentang seorang kyai yang diperankan om Deddy mizwar, dan anak muridnya, Zidan yang bisa jalan jalan kemasa lalu ataupun masa depan, dengan menggunakan mesin waktu penemuan Ustadz Addin.

Dengan mesin ini, mereka bisa "terdampar" dimana saja dan ketemu orang orang baru, yang biasanya orang orang ini punya problem dimana pak kyai dan Zidan datang untuk membantu menyelesaikan masalah mereka.

Sinetron ini penuh dengan pembelajaran hidup tapi gak terkesan berat karena ada bumbu bumbu humor didalamnya. Adanya tokoh Zidan, si anak kecil yang usil tapi cerdas juga bikin sinetron ini.disukai anak anak. Padahal kalo diliat dari kontennya sih kayanya bukan sinetron anak ya? 


3. Hikayat pengembara 



source : twitter


Sinetron ini tayang abis sholat subuh. Saya inget banget abis subuhan gak tidur lagi cuma buat nonton sinetron ini.

Diperankan sama om Deddy mizwar sebagai pengembara yang melanglang dari satu tempat ke tempat lain. Bertemu dengan orang orang baru yang berbeda disetiap  perjalanannya. Dan menolong orang orang ini keluar dari problematika hidup yang mereka alami.

Hampir sama kayak Lorong waktu sih inti ceritanya. Tiap episode punya cerita berbeda, dimana tokoh utamanya bertemu dengan orang orang berbeda yang punya masalah hidupnya sendiri sendiri. Cuma bedanya ini lebih serius aja.

Sayangnya pas mau nyari nyari sinetron ini di Youtube gak nemu. Gak kayak Lorong waktu yang masih bisa ditonton lewat Youtube. Sinetron ini gak ada "jejaknya" pas mau ditonton lagi.


4. Kultum


source : hipwee.com


Tayangan tausiyah singkat, Kultum alias Kuliah 7 menit ini diiisi sama alm.KH. Zainuddin MZ. Tayangan ini muncul tiap jelang berbuka. Ini program ramadhan kesukaan papa saya. Pokoknya kalo udah mau tayang chanel TV gak boleh dipindah pindah lagi.

Sayangnya sekarang gak ada lagi kayanya ya tayangan kayak gini tiap bulan puasa?. Ada sih acara serupa tapi gak segreget acara Kultumnya Zainuddin MZ.


Acara acara inilah yang mewarnai indahnya ramadhan saya waktu kecil . Acara yang bikin suasana ramadhan jadi berasa spesialnya kayak sirup A*C .Gak tau kenapa ramadhan pas udah dewasa "feel" nya kok gak seseru waktu anak anak dulu ya?. Dulu tuh perasaan damai dan khusyuk banget kalo bulan puasa. Apa karena program ramadhannya gak ada yang bikin berkesan kayak acara ramadhan jadul ?.

Kalo menurut kamu gimana?



1 komentar so far

Aslinya kangen sama semua acara tersebut... Ingat masa-masa kecil dulu. Inpiratif

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon