Thursday, June 8, 2017

Tentang bisnis oleh oleh kekinian para artis



surabaya snowcake, medan napoleon, jogja scrummy, surabaya patata,cirebon sultana, gigieatcakes,malang strudle, lamington pontianak




Jadi belakangan ini lagi rame para artis yang bareng bareng buka bisnis oleh oleh berupa cake dan pastry gitu. Dan foto fotonya sering banget berseliweran di instagram saya. Ada laudya chintya bella dengan Bandung makuta, Zaskia sungkar dengan Surabaya snowcake, Irwansyah dengan Medan napoleon, Dude herlino dengan Jogja scrummy, Oki setiana dewi dan Ria ricis dengan Surabaya patata, Raffi nagita dengan Gigieatcake, Indra bekti dengan Cirebon sultana, to name a few. Cake cake kekinian ini memang fenomenal banget karena belinya pun pake acara antre, dan langsung ludes dalam hitungan jam. Saking ramenya, denger denger sih sampe orang orang yang buka jastip alias jasa titip beli kue ini ikut kecipratan rezeki. Dengan upah sekitar 10-20 ribu per barang. Konon ada yang sampe meraup jutaan rupiah perhari dari jastip. Woooww...


Kalo ditanya,kenapa ya artis artis ini pada buka usaha yang sama dan kue kuenya pun juga hampir mirip gitu?. I mean, kenapa gak yang lebih tradisional dikit , misalnya klepon isi matcha gitu. Kan lumayan ada ciri Indonesianya ya?.


Selain itu, ada juga yang mengkhawatirkan kalau oleh oleh kekinian para artis ini akan menggeser "kedudukan" oleh oleh khas yang sudah lebih dulu dikenal di daerah itu. Kalo untuk yang satu ini menurut saya sih kecil kemungkinanannya untuk terjadi. Walaupun gak menutup kemungkinan bisa aja kayak gitu. Tapi saya yakin oleh oleh khas yang sudah lebih senior itu punya keunikan dan citarasa yang tidak begitu saja bisa disalip oleh para pendatang baru kekinian itu.


Banyak juga yang menyangsikan kalo bisnis ini akan bertahan lama. Paling cuma gegap gempita sebentar habis itu anyep. Saya juga berpikiran serupa, tapi who am i to judge kan?. Biarlah waktu yang akan menjawab, apakah beberapa tahun dari sekarang cakes kekinian itu tetap eksis.


Ada juga beberapa yang sinis dengan para artis yang sepertinya terlalu bernafsu "menggarap" banyak lahan buat menggendutkan pundi pundi rupiah.

"si A itu udah sukses bisnis ini masih aja buka bisnis kue, maruk banget"

Hmm... Kalo menurut saya sih gak masalah ya. Selama masih dilakukan di jalan yang benar dan lurus (halah), mau buka usaha sebanyak apapun ya sah sah aja. Selama ada kesempatan dan kemampuan, why not?.

Ada pula yang nyinyir aji mumpung lah, memanfaatkan ketenaran lah, sekali lagi, gak salah kok. Justru memang seharusnya ketenaran itu dimanfaatkan. Apalagi biaya promosi memperkenalkan produk baru ke publik itu gak murah loh. Sedangkan para artis, dengan followers sosial media mereka yang ratusan ribu sampe jutaan itu, tentunya gak usah capek capek promoin usahanya. Tinggal posting, gratis, dalam hitungan menit udah tersebar ke jutaan orang.


Enak kan?


Intinya sih bisnis cake kekinian artis ini merupakan fenomena menarik, ngingetin saya tahun 90an dulu dimana para artis rame rame bikin warung tenda. Sekarang mah kayanya udah bubar jalan ya?. Apakah hal yang sama juga akan terjadi sama bisnis oleh oleh ini?, wait and see ajalah.


Baideway, ni artis artis gak ada yang berminat buka bisnis oleh oleh di Banjarmasin nih?. Orang sini tuh doyan belanja loh. Dan hobi ikutan kekinian, yang tua yang muda. Pasti kalo buka disini laris manis deh :)


Kalo pendapat kamu tentang tren bisnis oleh oleh kekinian ini gimana guys?. Share yuk 

2 komentar

kasian makanan ciri khas kota masing-masing kalah eksis. seharusnya para artis yang membuka makan ena-ena itu. bisa menggabungkan makanan khas dan cake yang dia buat. biar makan khas-nya tetep eksis juga. btw, jadi pengen makan pecel lele. hehehehe

oleh oleh khas itu sudah lebih dulu eksis kok, dan saya yakin keeksisannya gak akan begitu saja terganti :).
btw juga, kenapa jadi malah pengen pecel lele?. wkwkkwk..

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon