Sunday, August 20, 2017

Blogger yang bikin iri itu...



menjadi blogger yang menghasilkan uang, blogger adalah



Selama menjadi blogger, akhirnya saya menyadari kalo ngeblog itu bukan cuma urusan menulis doang. Tapi juga mesti mikirin gimana caranya meningkatkan pengunjung blog, gimana biar gak males ngeblog, gimana cara dapetin ide buat tulisan, de el el. BTW, dulu saya pernah nulis tips anti males ngeblog ala blogadogadoo. Tapi penulisnya sendiri malah males, sok sokan ngasih tips anti males. *toyor pala ndiri*


Gak kerasa udah mau 3 tahun blog ini berdiri. Udah mau 3 tahun jumlah artikelnya 50 aja gak sampe? Ngapain aja lu? Udah kayak orang paling sibuk aja sampe update blog sendiri jarang. Ternyata jadi blogger itu gak cuma memerlukan kemampuan menulis, tapi yang lebih penting konsistensi dan kemauan keras buat merawat blog. Hmmm...


Ada beberapa hal yang saya sebagai blogger suka iri dari blogger lain. Iri disini bukan dalam artian dengki atau benci ya. Tapi iri yang bikin saya jadi termotivasi buat melakukan hal yang sama, yang bisa saya jadikan panutan. Blogger macam apa aja sih ?


1. Yang rajin nulis/update blog

Ada blogger yang blognya baru beberapa bulan tapi artikelnya udah ratusan. Artikel yang original ya, bukan yang asal ditulis. Blogger macam ini bikin saya suka merasa gagal sebagai blogger.

Banyak blogger di komunitas yang saya ikuti seperti Komunitas Emak blogger, dimana rata rata anggotanya sudah berkeluarga, tapi tetap bisa update blog, nulis artikel baru tiap minggu. Padahal mereka juga sambil kerja, urus anak/rumah tangga. So, kesibukan (harusnya) bukan jadi alasan untuk gak nulis ya? Buktinya emak emak blogger ini tetap produktif nulis.

Urusan update blog emang penting banget. Biar pengunjung yang mampir blog kita tau kalo blognya masih bernyawa. At least seminggu sekali ato seenggaknya banget sebulan sekali lah diupdate.

2. Yang punya banyak ide tulisan

Selain males, alasan kehabisan ide emang jadi penyakit para blogger. Saya termasuk orang yang percaya kalo ide itu selalu ada, gak pernah abis. Tinggal pinter pinternya kita aja untuk sensitif mengamati apa yang terjadi disekeliling kita, yang bisa dijadikan ide tulisan.

Ngeliat blogger yang rajin nulis dan (kayanya) gak pernah kehabisan ide nulis tuh suka bikin saya keki sendiri. Ini apa jangan jangan otak saya udah mulai lemot ya? Sampe gak bisa nyari ide /topik yang fresh.

Kalian tau gimana cara nyari ide buat artikel blog? share ya.


3. Blogger yang pageviewnya tinggi 

Sering mampir ke blog yang total pageviewnya udah ratusan ribu bahkan jutaan. Apalah saya yang jelata ini pageviewnya baru puluhan ribu. Totalnya ya.

Mungkin keliatannya banyak ya,  tapi kalo dihitung dari 3 taun ngeblog pencapaiannya masih segitu menurut saya sih kurang.

Makanya sekarang mau giat giatin banyakin artikel. Makin banyak artikel biasanya pageview juga akan naik. Atau nulis sesuatu yang agak kontroversial kayak artikel saya Kenapa pelakor lebih dibully daripada pebinor?,  yang sukses menyumbangkan traffic yang rame buat blog ini.


4.Blogger yang komentarnya rame

Komentar yang ramai disebuah blog itu menurut saya adalah indikasi bahwa engagement blognya bagus. Ada komunikasi yang terjadi,  entah antara penulis dan pembaca, atau antar sesama pembaca.
Gimana biar blog kita banyak yang komentar?, yang paling utama sih tentunya dengan blogwalking. Berkomentar di blog orang lain, nanti biasanya ada kunjungan balik. Tapi ini gak pasti loh ya. Kalo saya ninggalin komen di blog orang biasanya karena saya tertarik sama topiknya, bukan biar dikomen balik. Kalopun dapat komen balik, anggap aja bonus.


5. Blogger yang pinter nulis

Pinter nulis disini maksudnya yang pandai merangkai kata kata, kalimatnya terstruktur, pandai menggunakan diksi diksi yang sesuai, tulisannya ngalir dan enak dibaca.

Saya? Ah masih jauh banget dari yang kayak gitu. Udah tulisan acak adul, gak terstruktur, persediaan kosakata juga dikit. Padahal sebagai penulis/blogger, punya perbendaharaan kosakata yang seabrek itu "senjata" yang powerful buat menghasilkan tulisan yang oke. Karena itu sebagai blogger gak hanya rajin nulis, tapi juga rajin baca. Sering sering membaca tulisan dari blogger lain, apalagi yang tulisannya "senafas" dengan blog kita biar dapat inspirasi.


5. Blog dengan penampilan menarik 

Kekuatan sebuah blog selain dari artikel adalah penampilan blog itu sendiri. Bukan sekali saya "terdampar" ke blog yang tampilanannya rame kayak mau pesta karnaval. Yang kayak gini biasanya bikin males singgah.

Blogger blogger yang saya kagumi, selain dari tulisannya yang bagus juga dari layoutnya yang bikin betah. Saya paling suka liat blog yang tampilannya minimalis, clean, dan gampang dibaca lewat hape. Selain itu saya juga "iri" sama blogger yang bisa ngedesain template blognya sendiri, kayak mbak Langit. Sejauh ini harus cukup puas sama template gratis hasil download dan berpusing pusing ria ngedit templatenya.

5 poin diatas adalah beberapa dari banyak hal yang bikin "sirik" dari temen temen sesama blogger. Apalagi yang nomor satu. Padahal bermimpi pengen bisa kayak blogger lain yang bisa dapat banyak priviledges lewat blog, tapi nulis aja kayanya berat banget.




blogger pemalas



Ya udahlah, semoga suatu hari nanti saya berganti posisi dari yang "iri" jadi "diriin"  sama blogger blogger lain dan bisa dijadiin panutan.

Amiin. 

Bantu aminin dong....

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon