Wednesday, August 30, 2017

Tentang hijrah


hijrah cinta, hijrah adalah, caesar aditya



Jadi beberapa minggu belakangan ini lagi rame soal si "artis" yang dulu dikenal lewat acara joged trus mengundurkan diri dari dunia entertain dengan niatan untuk berhijrah. Eeh kemudian balik lagi ke dunia seleb. Netizen yang emang doyan nyinyir pun dapat "lahan" baru buat dinyinyirin. "hijrahnya gak serius nih". Btw tau gak sih pengertian hijrah itu apa ?. Berdasarkan situs Rumaysho.com, pengertian hijrah secara etimologi adalah berpisah ( dengan lisan, badan, atau hati). Secara garis besar, hijrah adalah berpindah dari perilaku buruk menuju ketaatan pada Allah SWT.

Lalu kenapa si artis ini banyak dihujat ?, ya gak lain gak bukan karena sebelumnya dia udah mendeklarasikan untuk berhenti dari dunia artis dan berniat jadi lebih religius, istilahnya tobat. Sayangnya beberapa tahun kemudian udah wara wiri lagi dipanggung joget, balik lagi kedunia hiburan.

Kalo saya sendiri sih sebenarnya juga menyayangkan, tapi gak mau ikut nyinyirin. Karena hijrah itu bukan urusan gampang. Berhijrah itu berat, tapi lebih berat lagi konsisten dalam hijrah. Dalam kasusnya caesar, dia berhijrah total, gak cuma mundur dari TV tapi juga mengubah gaya hidup, lingkungan, sampai penampilan, which is extremely hard. Contoh kecilnya aja nih  misalnya yang tadinya jarang sholat trus jadi rajin sholat 5 waktu, itu juga namanya hijrah kan ?, itu aja udah susah banget. Apalagi kalo hijrahnya disetiap aspek kehidupan. Gak cuma dalam aspek agama tapi juga lingkungan dan kebiasaan. Bisa dimaklumi banget sih kalo sering turun naik aka labil.

Dan dikehidupan nyata juga sebenarnya banyak kok yang kasusnya kayak si C ini. Tadinya udah berubah ke jalan lurus trus jadi bengkok bengkok lagi. Tadinya udah alim jadi begajulan lagi. Tadinya udah disiplin sholat 5 waktu trus jadi 2 waktu ato absen sholat sama sekali.

Anehkah ?, well, bagi saya enggak tuh. Sangat bisa dipahami kok. Bukan berarti ngegampangin ato ngewajarin yah. Sadar kok kalo yang namanya hijrah itu harus komitmen. Tapi selama si pelaku hijrah ini masih berlabel "manusia", kemungkinan buat balik lagi ke jaman jahiliyah setelah tobat ya masih terbuka. That's why buat yang udah hijrah, jangan berpuas diri dulu kalo udah hijrah. Perjuangan setelah itu jauh lebih berat. That's never ending struggle. Jangan jadi terlalu preachy juga lah, kalo balik lagi kayak dulu kan malu.

Intinya mah kalo ngeliat orang yang berhijrah ya disupport aja, tapi jangan terlalu expect yang berlebihan juga. Mereka cuma manusia biasa yang bisa tergelincir , bukan malaikat. Yang udah hijrah juga banyak banyak berdoa aja biar dimantepin hijrahnya. Gak balik ke jaman kegelapan lagi.

This post is supposed to be short, jadi segini aja deh ya tulisannya. Maap maap kalo ada salah salah kata yee.

Selamat berhijrah.



* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon