Wednesday, January 24, 2018

6 Tips Berwisata ke Jakarta saat Musim Hujan



 
tips liburan saat musim hujan
Gambar : liburanjakarta.web.id



Jakarta adalah salah satu kota tujuan terpopuler bagi para wisatawan yang ingin berlibur. Sebagai kota metropolitan, Jakarta selalu memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Kalau kamu pengen berlibur ke kota ini, perhatikan juga kondisi cuaca. Walaupun di bulan Januari ini sedang musim hujan bukan berarti kunjungan wisatawan ke Jakarta menurun. Kota ini  tetap menjadi salah satu tempat wisata populer bagi wisatawan di sekitarnya.

Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi pada musim hujan sekalipun. Namun sebelum berwisata ke Jakarta, ada baiknya kamu menyimak terlebih dahulu tips berwisata ke Jakarta pada saat musim hujan berikut ini.

1. Pilih Tempat Wisata Indoor

Ada banyak tempat wisata bangunan baik itu museum maupun pusat perbelanjaan dan juga tempat wisata lain yang bisa dikunjungi di dalam ruangan. Misalnya Monumen Nasional atau yang dikenal dengan Monas yang memiliki diorama di bagian bawahnya.

Selain itu, ada beberapa tempat favorit di sekitar Monas seperti Perpustakaan Nasional yang baru saja dibuka dan juga Galeri Nasional yang tak kalah menariknya dengan Museum Nasional.

Pusat perbelanjaan yang bisa kamu kunjungi misalnya seperti Mall Taman Anggrek yang memiliki fasilitas ice skating, atau Neo Soho Mall yang memiliki Jakarta aquarium. Tempat wisata tersebut cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Musim hujan bukan menjadi halangan untuk mengajak anak liburan.


2. Gunakan kendaraan umum

Saat ke Jakarta pada musim hujan memang cukup nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun kenyamanan itu akan sirna jika kamu bertemu dengan kemacetan yang amat panjang.

Agar bisa menikmati perjalanan ke Jakarta pada musim hujan akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan umum seperti bus TransJakarta atau Commuter Line yang sudah terintegrasi dengan feeder lainnya.

Apalagi saat ini beberapa ruas jalan sedang diperbaiki untuk proyek MRT dan LRT. Daripada terjebak kemacetan panjang sambil menahan tuas kopling, lebih baik kamu mencari film favorit yang bisa ditonton saat berada di kendaraan umum. Tak ada salahnya juga jika kamu membawa satu buah novel favorit kamu untuk baca habis selama perjalanan.

3. Cashless

Jika kamu berwisata ke Jakarta artinya kamu memiliki peluang untuk tidak terlalu banyak bawa uang cash. Kamu bisa menggunakan kartu debit ataupun uang non tunai. Jika menggunakan Transjakarta ataupun Commuter Line akan lebih efektif dan lebih praktis jika memakai uang non tunai. Kecuali kalau kamu bepergian berombongan bersama keluarga.

Untuk fasilitas commuter line belum bisa menggunakan satu kartu untuk banyak orang. Sebaliknya untuk Transjakarta, kamu sudah bisa menggunakan satu kartu untuk banyak orang.

Apalagi jika kamu berencana menggunakan feeder transportasi online seperti Gojek, Uber, ataupun Grab akan lebih mudah bila kamu melakukan top up terlebih dahulu sehingga tak perlu repot mencari kembalian.

4. Wisata Kuliner Pecinan Glodok

Pada musim hujan yang paling bisa dilakukan dengan cukup mudah yaitu wisata kuliner. Salah satu tempat yang direkomendasikan adalah wisata kuliner di daerah Pecinan Glodok. Mengapa harus ke Pecinan Glodok? Daerah ini masih banyak wisata kuliner otentik yang masih bertahan hingga saat ini. Soal rasa dijamin masih asli dan masih seperti dahulu. Bahan-bahan yang dijaga kualitasnya.

Selain bisa berwisata kuliner di daerah Pecinan Glodok kamu juga bisa sekaligus mengetahui sejarah kawasan Glodok dan juga beberapa kawasan lainnya seperti kawasan Kota Tua Jakarta.

Banyak wisatawan dari luar daerah yang memanfaatkan promo tiket domestik untuk bisa datang ke Jakarta mengunjungi tempat wisata unggulan di Jakarta seperti kota tua dan Monumen Nasional.

Gambar: Tempo.co


5. Waspada Copet

Kota metropolitan tidak pernah terlepas dari tindak kejahatan. Begitu pula juga di Jakarta, yang menjadi tempat tujuan orang orang dari berbagai daerah mulai dari Sabang hingga Merauke untuk mengadu nasib.

Salah satu hal yang harus kamu waspadai adalah keberadaan tangan-tangan jahil alias copet. Untuk itu, hindari menggunakan tas ransel untuk menyimpan barang berharga di bagian belakang atau di bagian punggung yang tidak bisa terpantau.

Biasanya bagi mereka yang memakai transportasi umum di Jakarta, memakai tas di bagian depan tubuh, bukan dipunggung adalah hal yang lumrah, ketika menggunakan transportasi publik. Jika kamu memiliki tas kecil sebaiknya pisahkan barang lain dengan barang berharga. Masukkan uang dan barang berharga lain pada tas kecil dan tempatkan di bagian depan sehingga mudah terpantau.

6. Tunda dulu mengunjungi taman kota

Gambar: infojakarta

Jakarta saat ini dikenal dengan revitalisasi taman taman kotanya yang semakin cantik dan semakin banyak fasilitasnya. Contoh saja ruang terbuka hijau di kawasan Kalijodo yang tak pernah sepi dari pengunjung.

Namun, pada saat musim hujan rasanya kurang tepat jika mengunjungi Taman Kota karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata terbuka yang kapan saja bisa hujan dan tidak memiliki tempat perlindungan meskipun ada jumlahnya pasti terbatas dan akan berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. Meskipun kadang tiket domestik ke Jakarta makin banyak promonya.

Tidak ada salahnya juga jika menghabiskan waktu di Jakarta dengan menginap seharian di sebuah hotel favorit. Jika ingin booking hotel online murah dan mudah kamu bisa menggunakan aplikasi reservasi hotel yang menawarkan promo dan diskon menginap. Umumnya selalu ada promo hotel pada saat musim hujan karena kunjungan ke hotel biasanya menurun.

Itulah 6 tips berwisata ke Ibukota Jakarta saat musim hujan. Walaupun cuaca sedang tidak bersahabat, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati liburan kan?

Selamat berlibur.



* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon