Sunday, August 5, 2018

Cara membuat SKCK di Polres Banjarmasin

cara bikin skck banjarmasin



SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen penting yang biasanya digunakan sebagai syarat melamar pekerjaan/CPNS, beasiswa, atau yang mau mencalonkan diri sebagai anggota legislatif maupun calon kepala daerah. Di tulisan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang pembuatan SKCK di Polres Banjarmasin. Setelah sebelumnya dibikin bingung sama syarat syarat bikin SKCK karena ada yang bilang harus pakai surat pengantar dari RT dan yang lain bilang gak usah. Akhirnya beberapa waktu lalu, saya dan seorang teman datang ke Polres Banjarmasin untuk bikin SKCK, tanpa pakai surat pengantar.

Karena ini adalah SKCK perdana saya, maka syarat pembuatannya pun berbeda dengan perpanjangan SKCK. Untuk membuat SKCK baru, syaratnya adalah

1. Pas foto 4x6 sebanyak 7 lembar dengan latar warna merah
2. Fotocopy kartu keluarga
3. fotocopy kartu kelahiran
4. Fotocopy KTP
5. Map warna merah untuk pria dan hijau untuk wanita

Prosedur pembuatan SKCK di Polres Banjarmasin sebenernya gak terlalu susah sih. Pertama, saat datang, kunjungi area pelayanan yang terletak di dekat gerbang masuk buat minta ID visitor. Jangan sampe bolak balik seperti saya kemaren. Karena gak tau, langsung aja datang ke loket permohonan SKCK, eh akhirnya disuruh balik dulu ke loket pelayanan buat minta ID visitor. Jarak loket ini cukup jauh loh. Jadi inget sebelum masuk, minta dulu ID nya dan serahkan KTP. Kalau urusan sudah selesai, kembalikan ID dan kalian bisa ngambil lagi KTP masing masing.

Di loket pelayanan, serahkan dokumen pelengkap yang sudah ditaruh di dalam map. Petugas akan memeriksa sebentar lalu kamu akan diberi sebuah map yang berisi form yang cukup banyak buat kamu isi. Form tersebut berisi pertanyaan tentang identitas pribadi, nama orang tua dan alamat, riwayat pendidikan serta tahun lulus. dan banyaaak pertanyaan lain. Tenang aja, di dinding udah ada contoh pengisian formulirnya kok, in case kamu bingung gimana ngisinya.



Satu lagi form yang penting yaitu kartu TIK. Form ini khusus buat yang baru bikin SKCK. Kalo kamu cuma memperpanjang gak akan dikasih form ini kok. Di dalamnya ada daftar pertanyaan tentang ciri ciri wajah, rambut, bentuk mata, bentuk telinga, bibir, dan cacat fisik (kalau ada). Kemudian tahap yang paling penting yaitu pembuatan rumus sidik jari. Jadi setelah selesai isi form , kumpulkan form di atas meja petugas yang khusus bikin rumus sidik jari. Setelah itu mereka akan manggil nama kita buat bikin cap jari yang akan ditempelin di kolom khusus sidik jari.

Udah selesai? belum. Petugas akan memproses rumus sidik jari yang kita bikin baru setelah itu kita serahkan lagi ke petugas yang memproses pencetakan SKCK kita sekaligus membayar biaya pembuatan sebesar 30 ribu rupiah. Tunggu nama dipanggil, ambil SKCK dan fotocopy sebanyak yang kamu perlukan lalu minta legalisir. Untuk biaya legalisir gratis kok, tapi cuma sebanyak 5 lembar. Kalo lebih dari itu? mungkin kamu bisa tanya petugasnya apakah ada biaya tambahan.

Itulah pengalaman aku bikin SKCK di Polres Banjarmasin. Overall, bikinnya gampang kok selama persyaratannya lengkap, gak ada yang ketinggalan. Petugasnya juga ramah ramah dan cair. Gak usah takut kalo suasananya tegang gara gara kita bikin di kantor polisi, hehe :) Kalo kamu baru pertama kali ke Polres Banjarmasin dan gak tau dimana loket pembuatan SKCK nya, tanya aja sama petugas petugas yang berseliweran di sana. Mereka dengan senang hati akan nunjukin tempatnya.

Oya di Polres Banjarmasin sendiri juga ada tempat fotocopy di bagian belakang juga tempat buat cetak pas foto. Jadi gak perlu takut kalo lupa bawa map ato fotonya gak cukup.

So, sekarang jangan bingung lagi ya gimana caranya bikin SKCK di Polres Banjarmasin. Gampang kok, tempatnya juga nyaman. Kalo kamu mau bikin SKCK Polres, silakan datang aja ke jalan Jend. A. Yani km 3,5 Kebun Bunga, Banjarmasin Timur. Satu hari selesai kok. Tapi kalo mau ditinggal dulu juga bisa. Asalkan sudah rekam sidik jari.





This Is The Newest Post

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon