Friday, June 2, 2017

Pageview tinggi, lebih percaya statistik blogger atau google analytic?


pageview adalah, cara menaikan pengunjung blog,





"Gimana sih biar pageview blog aku tinggi"?

Emm, mungkin perlu minum susu penambah tinggi?


"Garing ah elu".


Ya abisnya gimana?,  saya mah blogger remah remah, jarang mikirin gituan. Yang penting mah nulis.
Eh tapi sekarang jadi mikirin sih, gara gara kemaren iseng ngecek statistik di dashboard blogger. Dan jumlah pageview nya bikin hatiku berbunga bunga. Emang sih gak sampe ribuan kayak blogger yang udah tenar. Tapi buat blogger yang stratanya ecek ecek kayak saya, jumlah segitu itu sesuatu.


Tapi sejak berkunjung ke blognya mbak annisast.com dan tau kalo data pageview statistik blogger itu ternyata gak sepenuhnya bisa dipercaya, saya kembali terhempas ke bumi.

"Jadi pertanyaan terbesar dari para pengguna blogger itu biasanya: kok statistik blog dan Google Analytic beda jauh sih? Kok di Google Analytic cuma setengah dari statistik blogspot?

Yessss, karena algoritmanya beda. Cara menghitungnya beda. Mesin penghitungnya aja beda kok. Kenapa bisa jauh banget?

Karena statistik blogspot itu menghitung semuanya (yang pake wordpress dan pake jetpack, katanya cara perhitungannya sama juga sama blogger stats). Jadi segala crawlers dan bots ikut dihitung oleh blogger stats.

Crawlers ini search engine, jadi misal ada orang yang cari keyword tertentu, terus blog kita ikut terayapi tuh sama search engine. Baru terayapi doang loh, orangnya belum buka blog kita. Itu udah dihitung satu views oleh search engine. Bahkan misal kita lagi nulis blog post nih, terus suka preview dulu dong, sama si blogpost ini udah dihitung juga sebagai 1 views".

Itu sekelumit kutipan dari tulisan mbak annisa yang lengkapnya bisa kamu baca disini


Iya bener juga sih, pantesan kalo ngecek pageview perhari di blogger sama analytic suka gak sinkron gitu.  Bedanya bahkan hampir 50%.


Hiksss.. Menyakitkan sih, tapi jujur.


Di analytic juga bisa lebih lengkap liat datanya. Mau yang harian, mingguan, bulanan, sampe tahunan.

Kalo kamu belum punya akun google analytic, buruan deh bikin. Udah banyak kok step stepnya gimana cara menggunakan analytic buat blog di google. Biar gak bingung sama beberapa istilah dalam tool ini, berikut sedikit penjelasannya ya.


Sesi
Peristiwa dimana pengunjung blog masuk dan keluar dari blog.

Misalnya, satu pengunjung nyasar ke blog kamu, baca artikel, trus keluar, itu dihitung satu sesi.
By default, sesi ini direkam per 30 menit. Jadi misalnya ada pengunjung datang ke blog kamu pada jam 1.00, trus balik lagi jam 1.39, dihitung 2 sesi.


User
Disebut juga pengunjung, yang ini udah jelas aja kan ya? Jadi gak perlu dijelasin lagi.

Pageviews
jumlah tayangan laman di blog. Pageview ini yang biasanya didewakan para blogger. Ya iyalah, kalo PV kamu tinggi kan bisa jadi senjata buat nyari duit lewat blog.

Yang perlu diperhatikan, pageviews ini tidak sama dengan jumlah pengunjung. Let's say, sehari ada 200 PV di blog kamu. Jangan dianggap berarti ada 200 pengunjung berbeda yang datang. Bisa aja yang datang cuma 50 pengunjung. Tapi mereka buka buka laman lain, sehingga menghasilkan PV yang banyak.



Misalnya, ada si A "nyasar" ke blog kamu setelah dia search di google. Dia baca artikel, habis itu dia klik link sisipan yang ada di artikel kamu. Habis baca 2 tulisan, dia penasaran siapa sih yang nulis blog ini?. Then, dia klik "About" untuk liat profil kamu.

Jadi hasilnya,

Session.     1
User.          1
Pageview   3

Udah nangkep kan?

Okey, let's move ke Bounce rate dan laman per sesi.

Bounce rate atau tingkat pentalan yaitu perilaku pengunjung blog kita yang abis baca satu tulisan trus langsung keluar,tanpa mengunjungi tulisan/laman lain di blog kamu.

Bounce rate adalah salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan. Jangan bangga dulu kalo PV ratusan ato ribuan, tapi bounce ratenya tinggi (ngomong sama diri sendiri). Bisa diartikan interaksi di blog kamu minim.

Ada banyak hal yang mempengaruhi bounce rate tinggi, misalnya dari blog kamu sendiri. Karena loadingnya lama gara gara blog kamu berat, ato begitu baru mau baca trus disuguhi iklan pop up yang gengges. Ya akhirnya mereka close, tanpa ngelanjutin baca.


Tapi

Bisa aja emang perilaku pengunjungnya sendiri yang gak terlalu suka baca. Jadi mereka datang ke blog kamu sambil lalu aja. Apalagi kalo artikel kamu panjangnya ribuan karakter.

Jadi

Kadang itu bukan salah blog kita kok kenapa bounce rate tinggi. Bukan berarti blog kita gak bagus atau tulisan kurang menarik (menghibur diri sendiri).

Tapi kalo bounce rate kelewat rendah, dibawah 20% juga bukan berarti pertanda bagus loh. Karena bisa jadi ada kesalahan teknis. Misalnya peletakan kode tracking di blog yang kedobel, misalnya naruh kodenya di header dan footer blog sekaligus.


Durasi rata rata
Artinya rata rata waktu berapa lama pengunjung berada di blog kamu.
Faktor ini juga penting untuk menunjukkan seberapa betah pengunjung baca tulisan. Misalnya artikel kamu rata rata 1000 karakter dan durasi rata ratanya 25 detik.

Wajar gak?

Yaa bisa aja sih, mungkin mereka punya kemampuan super. Dibawah 30 detik bisa baca 1000 karakter.

Kemungkinan lain, bisa jadi tulisan kamu membosankan, muter muter, banyak typo, fontnya bikin sakit mata, warna warni, atau apapun lah yang membuat pembaca gak baca sampe abis.

Tapi
Kalo artikel kamu rata rata 300-500an karakter, which is wajar kalo waktu bacanya lebih singkat. Rata rata 25 detik itu bukan hal yang perlu dikhawatirkan.


Laman per sesi
Adalah jumlah rata-rata halaman tiap sesi. Parameter ini dihitung berdasarkan jumlah pada tayangan laman dibagi dengan jumlah sesi. Tidak ada patokan besarnya angka yang ideal untuk Laman/Sesi sebuah website, namun nilai 10 setidaknya sudah cukup untuk menyatakan bahwa website tersebut ramai dan mampu menarik minat pengunjung (sumber: www.nulis-ilmu.com).

Fiuhhh, panjang juga ya penjelasannya. Itu hanya beberapa dari banyak data yang bisa kamu lihat dari Google analytic. Selain itu kamu juga bisa ngecek dari kota mana aja pembaca blog kamu kebanyakan berasal, browser yang digunakan, mobile/desktop, apakah mereka yang datang ke blogmu berasal dari pencarian organik atau lewat sosial media.

Dan masih banyak lagi yang lainnya...

Trus gimana biar Pageview blog kita tinggi?

Sebagai blogger (setengah) senior yang jumlahnya artikelnya masih bisa diitung jari. Pageview blog akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah artikel dan semakin berumurnya blog kamu.
Jadi kalo blog kamu baru sebulan, postingan juga masih satu dua. Ya wajar aja kok PV masih rendah.


Punya artikel viral di blog juga bisa nge boost pageview loh. Jadi walaupun artikel nya dikit, tapi kebantu dengan satu aja artikel hits di blog kamu. Bisa meningkatkan pageviews. Kayak blog ini. Kalo diitung itung jumlah artikel gak sampai 50. Banyak juga artikel yang under performance. Tapi gara gara tulisan "kenapa pelakor lebih dibully daripada pebinor?". Alhamdulillah yah, lumayan lah perminggu bisa sampe ribuan total PVnya.

Saya juga gak ngerti kenapa tulisan itu jadi melonjak viewnya sebulan terakhir. Padahal gak pake riset keyword ato apalah itu tips dari para master SEO biar artikel bisa page one. Tapi ternyata bisa page one.

Jadi

Punya artikel yang menduduki ranking pertama atau kedua di pencarian google bisa jadi cara yang efektif untuk mendongkrak pageview blog.

Balik lagi ke analytic, kenapa sebagai blogger kita perlu ngecek statistik blog?

Biar kita bisa tau gimana performance blog kita. Bisa tau artikel mana yang viewsnya banyak. Jadi kita bisa bikin artikel serupa dikemudian hari, et cetera.

Tapi

Gak perlu sering sering juga ngecek statistik. Nanti yang ada jadi terobsesi sama statistik dibanding meningkatkan kualitas blog. Adalah hal yang wajar kalo pageview menurun trus naik lagi beberapa hari kemudian. Gak usah terlalu dipikirin sampe akhirnya gak punya waktu buat nulis artikel. Gak usah juga banding bandingin statistik kamu sama blogger sebelah yang ngeblognya udah lebih lama, artikelnya udah ratusan, followersnya udah banyak.

Percayalah, ada saatnya nanti blog kamu juga akan sekeren itu. Kayak lagunya JKT 48

"Usaha keras itu tak akan mengkhianati"

So, banyak banyakin usaha aja. Usaha bikin tulisan yang bagus. Usaha buat mampir blogwalking ke blognya para blogger kece, usaha buat memperbanyak ilmu blogging. Kalo usahanya udah abis abisan, pasti hasilnya gak mengecewakan kok, percaya deh, asal sabar aja.

Selamat ngeblog :)










10 komentar

Nice post, banyak ilmu yg didapat dengan bahasa yg sederhana. Btw, ada fiturnya agar kunjungan sendiri tidak dihitung statistik.

kalao saya lbh prcaya sama google analytic

waah mbak nya keren euy.. ulasan yang di buat bikin saya baca sampai habis he he..., tapi saya bingung dengan statistik blog saya mbak, pertama buat artikel tingi dapet bebrapa hari kok malah turun y

Sama kayak ane nih gan, masih newbie jadi bingung. Kasusnya hari kemarin, ane ada buat artikel yang ane sharekan ke medsos kayak facebook dll, dan link artikel itu ane shortkan pake goo.gl jadi keliatan donk berapa kliknya, otomatis kalau klik banyak = visitor banyak bukan?

Nah ane cek di goo.gl jumlah kliknya 9.000an , tapi visitor ane di GA cuma 500 orang , wth?? Bingung abis

Ga sampe sana, gw cek lagi nih distats WP, total pengunjungnya 6.000 (maybe seperti yang admin jelasin diatas jumlah stats wp gak bisa dijadikan patokan ya )

Ane cek lagi di Awstats panel ane, pengunjung hari itu ada 6.000 an

Bingung deh liatnya, mana yang benar ya.. pengennya sih data dari awstats yang benar, tapi pada liat master-master bilangnya GA itu paling akurat.. hiks sedih

Hwaaaa ini membantu bgt deh :") setelah sekiyan lama baper terus ini PV kenapa siiiih ga naik2 :")

kalau bounce rate dibawah 20% bagus atau tidak ya.. masih belajar, dan kurang memahami ilmu seo, keyword atau lainnya.

Wah makasih byk infonya, ini detil bgt, aku jg lebih paham skrg, meskipun udh lama pake google analytic tp ttep aja blm paham ahahaha

Sama2 mbak :) aku sampe sekarang juga belum sepenuhnya paham cara baca data di GA kok,tapi belajar dikit2 pasti bisa :)

Yaap mbk, harus kudu usaha ya mbk biar hasilnya maksimal. Kayanya aku belum dftar GA. Makasih udh diingetin mbk. Makasih jg udh sharing, salam, muthihauradotcom

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon