Thursday, September 14, 2017

Kenapa orang Indo suka pakai masker?




Ini bukan ngomongin masker wajah ya, tapi masker idung yang pasti sering kamu liat di jalanan ato di tempat publik.


Kayak gini nih


source : anibee.tv

Pasti udah gak asing kan liat pemandangan orang orang pake masker berseliweran di jalan? Ato kamu juga salah satunya? Gak cuma yang lagi sakit pake ini. Tapi yang lagi gak sakit pun pake. Kondisi jalanan yang berdebu dan polusi udara adalah alasan kenapa make masker udah kayak kewajiban. Apalagi kalo ditempat yang umplek umplekan sama banyak orang,  didalam kereta misalnya.


source : ibtimes.uk

Jenis masker yang banyak dipake sama orang indonesia biasanya adalah masker bedah yang kayak dipake sama dokter bedah itu loh. Ato masker kain yang gambarnya unyu unyu ato polosan.
Tapi, seberapa efektif sebenarnya jenis masker kayak gini buat melindungi kita dari udara kotor? Jawabannya ternyata gak terlalu ngefek. Karena partikel udara itu super kecil dan bisa nembus serat kain dari masker. Tapi juga bukan berarti useless sama sekali, at least meminimalisir resiko masalah pernafasan kalo terpapar polusi udara.

Jenis masker yang direkomendasikan itu sebenernya masker N95 yang bisa melindungi saluran pernapasan kita lebih baik daripada masker sekali pakai ato masker kain. Harganya juga lebih mahal dibanding masker biasa yang cuma seribu rupiah per item. Kekurangannya, masker jenis ini kurang nyaman dipake karena makenya bener bener rapet jadi sumuk dan gerah kayak kekurangan oksigen. Tapi masker jenis ini kepake banget kalo lagi ada bencana kabut asap tebal misalnya. 

Trus selain alasan kesehatan, apa aja sih alasan orang indonesia make masker? Well, ini beberapa alasan lain.

1. Buat nutupin muka

Terutama buat cewek cewek biasanya. Bisa karena lagi jerawatan ato lagi males dandan. Pake masker aja biar gampang.

2. Biar gak ketauan

Ini salah satu alesan saya sih sebenarnya. Kalo lagi jalan paling males kalo ketemu sama orang yang dikenal, entah teman, tetangga, ato kerabat. Bukan jahat loh ya ato anti sosial ( eh ansos dikit sih). Tapi males aja kalo ketemu mesti small talk ato basa basi lah. Apalagi kalo yang udah lama gak kontek kontekan, pasti bakal lama ngobrolnya. Kadang juga suka awkward gak tau apa yang mesti diomongin. So, demi menghindari kejadian kayak gitu, pake masker pas keluar rumah bisa jadi pilihan yang tepat.

Kalo kamu gimana?

3. Menghindari bau bauan

Kalo ditempat yang rame, kayak di transportasi umum. Terpapar sama bau bauan itu adalah hal yang gak bisa dihindari. Ya bau asap, bau mobil, sampe bau manusia yang udah bercampur parfum sama keringat. Jadi, demi keamanan hidung dan akal sehat, menggunakan masker adalah hal terbaik.


Urusan pake masker, ternyata gak cuma di Indonesia bisa dijumpai. Di negara Asia lain macam Jepang, Cina, sama Korea, pakai masker juga udah jadi kebiasaan. Bahkan udah jadi semacam fashion statement, gak cuma buat alasan kesehatan. Masker yang dipake pun terdiri dari beragam warna dan gambar serta bentuk yang cute.

source : pinterest

source : the beijingers



Tapi jangan coba make masker ya kalo di negara macam USA ato Eropa misalnya. Yang ada tu bule bule malah nganggap kamu aneh ato malah curiga. Jangan jangan kamu anggota gangster ato killer. Orang orang sono mah gak biasa sama hal kayak gitu. Nih contohnya di forum reddit, ada bule yang keheranan kenapa orang orang asia pake masker dokter di tempat publik , karena mungkin dinegaranya dia pemandangan kayak gitu jarang ato malah gak ada.

Yang perlu diingat, masker yang kita pake itu fungsinya sekali pakai. Jadi jangan dipake ulang ya, apalagi dicuci, jemur, trus pake lagi. Kalo kamu concern sama isu lingkungan dan gak mau nambah sampah sama masker jenis ini, mungkin bisa pake masker kain. Tapi jangan lupa dicuci ya. Apalagi kalo udah dipake seharian, kena keringat, ketempelan debu dan kotoran di udara. Jangan ditumpuk gitu aja trus besoknya dipake lagi. Ya sama aja bikin penyakit lah.

Kalo kamu lebih suka pake masker yang kayak gimana ?


2 komentar

wah tip dan tulisan yang bermanfaat mbak nurul lanjutka penuhi blognya ku ikuti terus

Biar gk ketahuan klo muka sendiri ganteng aku kelas 8smp yg pake masker gk cuma orang dewasa anak sd kls 6/ 7-8smp ada aja yg pake di mall lagi klo aku sih y pake diluar klo didalem mall ditutup sebatas mulut kadang sampe hidung klo pas puasaan ada bau makanan sedap

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon