Wednesday, January 17, 2018

Persiapan CPNS 2018 untuk kamu yang berminat





cpns 2018
Gambar : Korpri Online

Kabar gembira buat kamu yang pengen coba peruntungan buat jadi Pegawai Negeri Sipil. Ditahun 2018 ini Pemerintah akan kembali membuka Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS. Jadi buat kamu yang tahun 2017 kemaren belum berhasil, sekarang bisa nyoba lagi.

Denger denger sih formasi lebih banyak untuk pemerintah daerah dan sisanya pemerintah pusat. Buat kamu anak daerah, ini kesempatan besar buat ikutan.

Berkaca dari pengalaman tahun lalu banyak yang pontang panting nyiapin dokumen dokumen buat syarat pendaftaran. Mumpung waktunya masih lumayan lama, yuk siap siap dulu. Lalu, apa aja persiapan yang perlu kamu lakukan buat menghadapi rekrutmen CPNS tahun ini?

A. Persiapan Administrasi




1.  Ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir

Kalo persediaan ijazah yang dilegalisir udah menipis, sekarang waktunya kamu minta legalisir lagi dari pihak kampus atau sekolah. Kalo mepet mepet waktu pendaftaran ntar antreannya lebih panjang. Jadi, lebih cepat lebih baik ya.

2. Surat keterangan akreditasi dari BAN-PT

Untuk memastikan bahwa kandidat kandidat yang direkrut adalah kandidat dari Universitas terbaik. Maka persyaratan untuk melamar buat yang backgroundnya lulusan PTN/PTS adalah kamu harus berasal dari perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.

"Jadi kalo kampus aku akreditasinya masih C gak bisa daftar CPNS dong?"

Gak juga kok, tahun kemaren juga gak semua instansi mensyaratkan ini. Minimal kamu tanya dulu ke bagian akademik kampus gimana prosedur buat ngedapetin surat keterangan itu. Biar pas persyaratannya udah resmi diumumkan kamu gak bingung lagi.

3. Fotokopi KTP

Yang ini krusial banget karena tahun kemaren banyak masalah yang berhubungan sama data kependudukan dan akhirnya menghambat proses mendaftar CPNS. So mulai sekarang bebenah dulu deh urusan KTP sama Kartu Keluarga. Kalo kamu pendatang baru, buruan bikin E KTP. Kalo data kartu keluarga masih data jadul. Misalnya ada anggota keluarga yang keluar dari KK karena pernikahan, segera mutakhirkan datanya di kantor catatan sipil.

4. Pasfoto

Kamu belum punya pasfoto ato mau bikin lagi karena hasil foto kemaren kurang memuaskan, hayok atuh bikin sekarang. Kalo masih ragu ragu pake latar warna merah ato biru, pake aja keduanya buat persediaan.

5. Materai Rp, 6000 untuk surat lamaran.

6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Surat Keterangan Sehat, Kartu Kuning.

Walaupun gak disyaratkan dalam persyaratan administrasi rekrutmen  CPNS beberapa tahun belakangan, gak ada salahnya kamu bikin kartu ini. Terutama SKCK dan surat keterangan sehat karena dua dokumen itu biasanya juga disyaratkan dalam melamar kerja non CPNS walaupun gak selalu. Tapi kalo persiapan kamu mepet banget, dokumen ini pikirin lain kali aja.

B. PERSIAPAN TES


Gambar : Menara62.com


Setelah lulus persyaratan administrasi, maka kamu akan melewati ujian masuk yang disebut Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD. Terdiri dari tiga bagian yaitu Tes Wawasan Kebangsaan dengan nilai ambang batas/passing grade 75 poin. Tes Karakteristik Pribadi 143 poin. Tes Intelegensia Umum 80 poin.

Total poin yang harus kamu penuhi minimal 298 dan semua bagian tes harus memenuhi ambang batas masing masing. Jadi misalnya nilai TWK kamu 100 poin tapi nilai TKP kamu gak nyampe 143, ya tetep aja gagal walaupun nilai keseluruhan lebih dari 298.

Jumlah soal ada 100 dengan waktu 90 menit atau 1 setengah jam. Bisa dibilang lumayan singkat, makanya kamu harus pandai mengalokasikan waktu.

Total nilai 298 adalah peraturan tes CAT untuk seleksi CPNS tahun 2017 kemarin. Untuk tahun ini bisa jadi passing grade akan dinaikkan atau tetap, kita tunggu saja ya.

Materi soal tes wawasan kebangsaan biasanya berhubungan sama UUD 1945, Pancasila, dan kawan kawannya. Kurang lebih kayak soal pendidikan kewarganegaraan pas jaman sekolah dulu.

Tes intelegensia umum adalah tes untuk mengukur kemampuan intelektual. Soalnya biasanya berupa aritmatika, deret angka dan huruf, pecahan, himpunan, tes padanan kata dan lawan kata, analogi. Kalo kamu termasuk orang yang anti sama matematika, TIU ini bisa jadi momok buat kamu.

Tes sinonim dan antonim pun gak seenteng yang kamu pikir. Kalo kosa kata bahasa Indonesia kamu terbatas, kamu bisa kesulitan di bagian ini. Materi soalnya gak semudah tinggi><rendah atau nakal=bandel, tapi seperti otonomi=swadaya atau absolut><nisbi. So, banyak banyak baca kumpulan sinonim antonim aja.

Untuk latihan, kamu bisa coba simulasi tes CAT yang ada di beberapa website yang bisa kamu coba dengan gratis. Ada juga sih yang berbayar, tapi kalo bujet kamu pas pasan mending yang gratis aja deh.

Perlu gak beli buku persiapan tes? ya tergantung kebutuhan sih, dan dana juga pastinya. Karena buku latihan yang bagus dan tebel kan biasanya mahal. Kecuali kamu pinjem buku temen ato dari perpus trus fotokopi biar ngirit.

Persiapan dokumen dan persiapan buat tes adalah dua hal penting yang harus dipersiapkan mulai sekarang kalo kamu berencana ikut bertempur di pembukaan lowongan PNS tahun ini. Tentunya persiapan mental dan fisik juga penting dong. Jaga kondisi fisik, makan bergizi, dan olahraga, serta tidur cukup biar stamina tetap oke sampe nanti menjalani proses penerimaan CPNS yang panjaaang, berliku dan kadang menguras mental dan fisik.

Last but not least, walopun perlu banyak persiapan, tapi jangan terlalu tegang juga ya. Gak perlu jugalah kamu begadang tiap hari buat belajar soal soal tes misalnya. Luangkan waktu satu jam tiap hari jauh lebih efektif dibanding pake sistem kebut semalam.

Jangan lupa juga ibadah di giatin. Banyak berdoa, minta ortu buat doain, kalo kamu gak gengsi ngomongnya.

Yang perlu diiingat, jadi PNS atau enggak itu bukan pilihan hidup satu satunya. Masih banyak cara lain untuk sukses dan berkarya selain jadi pegawai negeri. Kedengerannya klise ya? tapi masih banyak orang di sekitar saya yang mengganggap kalo gak jadi PNS itu sama dengan hidup gak terjamin.  Orang orang kayak gini mesti dibuka pikirannya biar gak melulu bertumpu sama status pegawai negeri sebagai simbol kesuksesan.

Buat kamu yang mau ikut pendaftaran CPNS tahun ini, selamat berjuang yah. Apapun nanti hasilnya, sukses atau enggak, pasti Tuhan sudah mempersiapkan yang paling baik dan tepat untuk kamu kedepannya. Don't feel bad kalo belum berhasil, toh sekelas mbak Kahiyang aja bisa gugur kok, padahal bokapnya Presiden.

tes cpns
Gambar : cumicumi.com


Menurut kamu, persiapan apa lagi yang perlu dilakukan buat  CPNS tahun 2018 ini? komen ya.





* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon