Sunday, March 11, 2018

Jangan katakan ini pada orang yang jerawatan


cara menghilangkan jerawat
Ganbar; Healthline.com

Hampir setiap orang pernah ngalamin jerawat, termasuk saya yang udah bertahun tahun dihinggapi jerawat. Rasanya? jangan ditanya lagi, mulai dari yang selalu minderan dan males ketemu orang sampe akhirnya bodo amat lah. Sebagai "veteran" di problem kulit ini, saya udah kenyang dikomenin macam macam soal muka.Sayangnya, orang orang kadang gak memahami perasaan kite kite yang menderita jerawat dan suka seenaknya aja ngomen yang bikin hati panas dan rasanya pengen lari kehutan trus belok ke pantai dan ketemu Rangga, haiyaaa. Karena itu ditulisan kali ini  ada beberapa hal yang pengen saya share ke kamu, lebih ke guidance tentang apa yang sebaiknya gak dikatakan ke temen ato sodara kamu yang lagi jerawatan.

1. Muka kamu kenapa?

Lagi jerawatan bu, matamu picek? pake ditanyain lagi.  Paling males kalo nemu pertanyaan kayak gini. Rasanya pengen lempar baskom. Pertanyaan paling unfaedah.

2. Kok bisa jerawatan?

Oh plisss gak usah nanya nanya kayak gini karena kita sendiri juga sebenernya gak tau what's wrong. Udah bersihin muka, udah pake obat jerawat, udah jaga makanan, udah hidup bersih tapi tetep aja jerawatan trus ente nanya "kok jerawatan?" noh tanyain aja sama kulit gue.

3. "Pasti jarang cuci muka"

So to the toy. Situ ga tau kan berapa kali sehari kita cuci muka? Kadang kita udah cuci muka pake produk terbaik dan termahal tapi tetep aja jerawat betah, Dan lagi, masalah jerawat itu gak sesimpel gara gara gak cuci muka. Tapi juga bisa karena pengaruh hormon, cuaca, de el el. Sesering apapun membasuh  muka gak akan terlalu ngaruh buat bersihin jerawat, apalagi jerawat yang disebabkan hormon. So plisss, stop ngomong kayak gini ke orang yang jerawatan, karena itu nunjukin kalo kamu kurang paham masalah kulit.

4. "kamu jorok deh, makanya jerawatan"

Saya gak menyangkal kalo masalah kulit bisa muncul karena kurang menjaga kebersihan. Tapi jangan menjustifikasi kalo semua orang yang mengalami jerawat pasti karena dia gak bersih aka jorok. Bisa jadi dia lebih hygiene freak daripada kamu, tapi tetep aja jerawatan.

giphy.com


5. "udah pernah nyoba ini"?

Ini yang paling sering saya temui selama jerawatan. Pasti ada aja orang yang nyaranin pake ini itu, mulai dari yang alami sampe kimia.

"Cobain ini deh,  gue dulu jerawatan sekarang bersih abis pake ini"

Well, thanks buat sarannya, tapi cuma ngasih tau aja kalo kulit orang beda beda, ada yang cocok ada yang enggak. Just because it works for you doesn't mean it works for everyone. Lagian kadang orang orang itu nyodorin produk produk yang gajebo ke saya. Krim krim dan sabun antah berantah yang ingredients nya aja gak tertera. Saya paling gak berani pake produk produk gak jelas walopun klaimnya bisa nyembuhin penyakit maha dahsyat sekalipun. Takut coy kalo muka gue kenapa napa situ mau tanggung jawab.

Lagian nih ya, sebagai orang yang udah lama jerawatan saya mah udah nyoba berbagai macam metode mulai dari ngolesin odol sampe pake produk mahal luar negeri yang sebotol kecil aja harganya ratusan ribu tapi tetep aja gak ngefek. Jadi kalo ada yang nawarin pake ono ini, saya udah males nyobain. Udah capek cuy pake macem macem gak ngefek apa apa.

6. "Aku sih gak pernah jerawatan ya"

Ya sukur kalo situ gak pernah jerawatan, tapi faedahnya apa juga ya ngomong kayak gitu sama orang yang menderita jerawat? Ngasih saran kagak, sombong iya.

7. "Kalo punya masalah jangan dipendem biar gak jadi jerawat"

Heh kamu yang ngomong kayak gini, tau apa kamu sama hidup orang lain? Saya paham kalo jerawat itu ada hubungannya sama stress. Tapi gak semua orang yang jerawatan itu pasti mendem masalah kan? Kayak saya yang idupnya flat flat aja, hepi hepi aja, tapi teteup jerawat gak minggat minggat. Omongan kayak gitu gak cuma nyakitin hati tapi juga kesannya sok tau.

8. "Kamu pake apa sih jadi jerawatan?"

Gini ya, saya jerawatan mulai SMA sampe sekarang, udah ada puluhan produk yang ditemplokin ke muka, trus ketika  kamu nanya "pake apa jadi bisa jerawatan gitu?" Jawaban saya, GAK TAU dan udah lupa juga apa aja yang pernah saya pake. Saya pake bedak bayi jerawatan, stop pake bedak bayi pun tetap jerawatan ? Jadi salah produknya? salah bedak bayinya? ato salah gue? temen temen gue?

9. "Dulu wajah kamu mulus loh"

Iye tau dulu saya mulus sekarang jerawatan, gak usah dibilangin juga udah sadar diri kok. Trus kenapa kalo sekarang jerawatan? Yang namanya jerawat kan bisa nongol kapan aja gak pake minta izin dulu.  Gak perlu jugalah ngomong kayak gitu. Selain pointless juga bikin orang yang jerawatan tambah sedih dan kepikiran.

Sebenernya ada banyak sih yang pengen saya tulis, tapi 9 kalimat diatas yang paling sering saya alami. Saking seringnya sekarang saya udah cukup kebal, gak terlalu baperan lagi kecuali pas PMS. Pokoknya kalo ada yang ngomong kayak diatas ludahin  senyumin aja shayyy Walopun dalam hati pengen ngutuk.

giphy.com


Buat kamu yang gak pernah jerawatan mungkin gak ngerasain gimana minder dan sedihnya kalo dihadapkan sama kalimat diatas. Mungkin menurut kamu perkataan itu kayanya gak apa apa, tapi buat kita nyesek loh. Apalagi ngadepin pertanyaan kayak gitu kadang gak cuma sekali. Hayati lelaahh..


Orang yang jerawatan itu udah gak nyaman dengan penampilan mereka, jadi udahlah, gak usah ditambah tambah lagi sama pertanyaan macem macem yang bikin tambah insecure. Mungkin kamu niatnya baik, pengen ngasih saran tentang obat jerawat yang bagus tapi ya liat liat sikon juga. Gak perlu juga ngomongnya di tengah orang banyak, trus pake suara nyaring lagi. It's embarassing

giphy.com

Ada yang memiliki pengalaman serupa? Komen ya..

2 komentar

dulu kan aku nggak jerawatan ya mungkin krn hormon, jerawatnay jd tumbuh subur di muka, byuh beneran dikatain kayak yang diatas rasanya pengen nyincang yang nanyak :@

aku kalau nemuin teman yang tau2 jadi jerawatan sebisa mungkin menahan untuk bertanya atau komen seperti diatas kecuali kalau sobat deket pasti ku langsung bilang kok bisa sih jadi begitu?kalau dia dah cerita barulah kasi saran :)

* NO SPAM, PLEASE.
* Jangan komen kalo cuma ngarep kunjungan balik. Jadilah blogger ikhlas :)

EmoticonEmoticon